Inilah Penampakan Pelangi Cincin Yang Ditangkap NASA - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Inilah Penampakan Pelangi Cincin Yang Ditangkap NASA

on

flamepaint_spiral_rainbow_galaxy_by_nickjeromana-d5ndxf7

NASA baru saja merilis sebuah foto pelangi yang diklaim sebagai terbesar yang pernah ada. Dan tempatnya bukan di Bumi. Seperti pelangi yang berada di Bumi, pelangi yang ditangkap oleh NASA berbentuk bola dan begitu besar.

Ya, foto itu menampilkan pelangi luar angkasa yang muncul akibat badai ‘sinar-X’ yang dikeluarkan oleh tata surya bernama Circinus X-1. Berbeda dengan pelangi di Bumi yang hanya berbentuk setengah lingkaran, pelangi Circinus X-1 berbentuk lingkaran utuh seperti kumpulan beberapa cincin.

Inilah Penampakan Pelangi Cincin Yang Ditangkap NASA

Foto tersebut diambil menggunakan teleskop sinar-X ‘Chandra’ milik NASA dan alat pencitraan radio Mopra di Austalia, Daily Mail (23/06).

Berdasarkan penelitian NASA, pelangi luar angkasa itu berjarak sangat jauh, sekitar 30.700 tahun cahaya dari Bumi. Sebagai perbandingan, jarak antara Bumi dan matahari hanya 4 tahun cahaya.

NASA juga mengungkapkan bila pelangi itu sejatinya muncul di akhir tahun 2013 lalu. Tetapi, akibat jarak yang jauh pelangi itu baru terlihat sepenuhnya dari Bumi tiga bulan kemudian atau di awal 2014. Setelah diteliti dan diperbaiki kualitasnya, NASA baru merilis foto pelangi itu minggu ini.

Lalu, bagaimana pelangi cincin itu bisa terbentuk?

Perlu diketahui tata surya Circinus X-1 dihuni oleh dua bintang raksasa yang salah satunya baru saja meledak (supernova). Ledakan itu juga menyebabkan tata surya Circinus X-1 dipenuhi debu dan awan.

Alhasil, saat badai matahari berisi sinar-X dikeluarkan oleh kedua bintang tadi, cahaya yang keluar dibiaskan oleh debu dan awan sehingga menghasilkan warna-warna cantik seperti pelangi.

Recommended for you