Inilah 4 Jenis Makanan Yang Pas Agar Cegah Dehidrasi Saat Puasa

30

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh mengalami penurunan cairan tubuh dan tubuh anda akan merasa lemas. Biasanya, tubuh diserang penurunan cairan ini saat cuaca panas atau di siang sampai sore hari.

Di tambah dengan cuaca yang terik, cairan tubuh kemungkinan lebih banyak yang hilang. Dalam kondisi seperti ini, sangat disarankan segera memenuhi cairan ketika buka puasa tiba.

Selain dengan minum air, cairan tubuh dapat pula dicukupi dengan beragam makanan segar. Beberapa makanan berikut membantu tubuh Anda cepat terhidrasi. Pilihlah salah satu atau beberapa makanan ini sebagai hidangan buka puasa Anda:

1. Mangga. Buah mangga kaya dengan air dan serat. Selain akan menghilangkan dahaga, makan buah ini membantu perut agak kenyang dan cocok untuk pengganjal perut sebelum makan utama. Dalam mangga juga terdapat kalium yang turut membantu mengendalikan denyut januh dan tekanan darah.

2. Mentimun. Salah satu jenis sayuran ini juga kaya dengan air. Mentimun dapat dimakan secara langsung atau dipadukan sebagai lalapan dalam makanan utama. Lebih segar lagi dapat dijadikan minuman jus ditambah beberapa potong es batu.

3. Semangka. Tidak diragukan lagi manfaat semangka untuk mengatasi dehidrasi. Kandungan airnya bahkan mencapai lebih dari 90 persen pada daging buahnya. Tubuh menjadi lebih dingin dan terbebad dari dehidrasi.

4. Yoghurt. Ini adalah susu fermentasi yang di dalamnya terkandung zat seperti kalium, kalsium, protein, dan vitamin.Selain membuat tubuh terhidrasi, yoghurt memiliki bakteri probiotik yang menyehatkan pencernaan.

Demikianlah ulasan tentang makanan yang pas untuk mencegah dehidrasi saat puasa, semoga informasi yang diberikan dapat memberikan lebih pengetahuan anda.