Gedung Komnas Perlindungan Anak Terbakar, Kak Seto Pastikan Berkas Engeline Hangus

40

Gedung Komnas Perlindungan Anak Terbakar-2

Sebuah insiden kebakaran terjadi pagi ini, kebakaran terjadi di gedung komnas perlindungan anak. Sedang ramai kasus pembunuhan Engeline dan kerja keras komnas perlindungan anak untuk melindungi anak-anak Indonesia dari kejahatan namun sayang berkas – berkas kasus itu terbakar bersama gedung.

Menurut saksi mata, api berasal dari rumah belakang gedung Komnas PA sekitar pukul 19.30-20.00 WIB. Kemudian menyebar dan menyambar bagian atas kantor serta menjilat 4 ruangan di bawahnya. Beruntung, kebakaran bisa dipadamkan dalam 1-2 jam, sehingga tidak meluluhlantakkan kantor yang dipimpin Arist Merdeka Sirait itu.

Gedung Komnas Perlindungan Anak Terbakar-1

4 Ruangan di kantor Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) terbakar semalam. Berkas kasus Engeline hampir pasti ikut terbakar. Dewan Konsultatif Komnas PA, Seto Mulyadi, berharap ada pekerja yang menyimpan datanya.

“Mungkin dan semoga ada yang dibawa pulang. Makanya, kami masih menunggu teman-teman yang bertugas,” kata Kak Seto, panggilan akrab Seto Mulyadi saat ditanya apakah data-data kasus di gudang data itu dicadangkan berupa soft copy atau disimpan secara cloud.

Hal itu dikatakan Kak Seto di kantor Komnas PA, Jl TB Simatupang, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Minggu (28/6/2015). Kak Seto meminta pekerja Komnas PA mengumpulkan berkas yang masih bisa diselamatkan.

“Lebih baik (kertas laporan kasus) basah daripada terbakar,” ujar pria berkacamata ini.

Gedung Komnas Perlindungan Anak Terbakar, Kak Seto Pastikan Berkas Engeline Hangus

Kak Seto tak berani menduga-duga penyebab kebakaran. Apalagi soal kemungkinan adanya unsur kesengajaan dalam kejadian itu. Dia dan Komnas PA menyerahkan penyelidikan ke kepolisian.