Ingin Puasa Kamu Lancar ? Hindari 4 Hal ini Saat Sahur

48

Ingin Puasa Kamu Lancar  Hindari 4 Hal ini Saat Sahur

Bagi umat muslim diwajibkan sahur dahulu sebelum menjalankan ibadah puasa. Sahur adalah menyantap hidangan makanan sebelum waktu imsak telah tiba. Penting sekali sahur itu bagi menunjang kelancaran puasa kita esok.

Puasa Ramadhan tidak lepas dari aktivitas makan sahur. Ini adalah bagian dari ibadah puasa yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pada waktu sebelum subuh. Pelaku puasa makan sebelum datangnya waktu adzan shalat subuh. Setelah adzan subuh berkumandang, umat Islam akan melakukan puasa dari waktu tersebut hingga datangnya waktu maghrib.

Hanya saja, terkait waktu sahur ini ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari. Dikutip dari laman Okezone, seperti ini misalnya:

  • Malas bangun untuk makan sahur. Sebaiknya Anda tidak melewatkan momen makan sahur. Pasalnya, sesedikit apapun makan yang dikonsumsi saat sahur akan menjadi bekal untuk mengisi energi selama berpuasa seharian. Jika sudah kepepet waktu imsak, Anda bisa mengonsumsi satu buah pisang yang kaya dengan nutrisi. Atau, bisa juga mengonsumsi makanan instan seperti roti gandum.

 

  • Makan dengan porsi berlebihan. Makan sahur dengan porsi banyak menimbulkan efek mata mudah mengantuk dan malas bergerak di siang hari. Ini muncul akibat rasa kenyang di perut akibat kebanyakan karbohidrat.

 

  • Mengonsumsi menu sahur yang selalu sama. Ini tidak dianjurkan karena tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup bervariasi. Lebih baik Anda makan sahur dengan menu berlainan selama sepekan, lalu bisa kembali ke menu awal.

 

  • Makan sahur dengan terburu-buru. Akibatnya makanan tidak terkunyah lebih lembut. Salah satu efek makan buru-buru adalah berisiko terjadi kejadian tersedak. Anda juga akan tergoda untuk minum banyak air selama makan karena makanan masuk ke tenggorokan dalam kondisi agak besar dan padat.

Ada baiknya kita memang harus memperhatikan menu sahur dan menjaga sahur kita agar esok puasa kita dapat berjalan dengan lancar dan pahala kita dapatkan, insyallah.