Batu Bleneng di Tol Cipali, “Kerajaan Jin” di Tengah Tol

241

batu bleneng tol cipali

 

Sapujagat.com – Jalur Tol Cipali yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Bulan Juni. Pada tebing sisi selatan, bertengger sebuah batu besar. Mayoritas warga setempat menganggap batu tersebut keramat dan tak bisa diutak-atik. Hal itu pula yang menyebabkan konstruksi jalan tol di wilayah tersebut dibuat berbelok-belok, mirip aksara S.

“Gunung yang tinggi bisa dibelah untuk jalan tol, tapi batu itu tidak bisa,” ujar Romli (55), warga di pinggir Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Kamis (25/6/2015).

Di Jalan Tol Cipali, bentuk jalan yang menikung dan membelah bukit hanya ada di Km 181-182. Lokasi tersebut masuk wilayah Desa Walahar, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Jalan tol sepanjang 116,75 km yang menghubungkan lima kabupaten dari Cirebon sampai Purwakarta memiliki fakta-fakta yang unik termasuk Batu Bleneng yang misterius yang terletak di bentangan jalan tol terpanjang di Indonesia itu.

Kalau kamu melewati jalan tol dari arah Jakarta, maka pada KM 90 di sebelah kanan akan terlihat sebuah batu setinggi lebih dari 2 meter. Warga setempat menyebutnya Batu Bleneng. Batu Bleneng sendiri terletak di tengah-tengah Bukit Salam yang dibelah menjadi dua untuk pembangunan Tol Cipali, tetapi Batu Bleneng dibiarkan tetap berada pada tempatnya. Bahkan, jalan tol dibelokkan menjadi serupa huruf S agar batu yang dipercaya memiliki nilai magis itu bisa tetap berada di tempatnya.

Lantas, apa istimewanya batu besar itu? Rumor-rumor yang beredar mengenai kekuatan gaib terkait Batu Bleneng membuat keberadaannya kerap dikaitkan dengan kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di ruas tol tersebut. Kabarnya, jumlah kejadian kecelakaan di ruas Tol Cipali sudah mencapai 30 kasus hanya dalam kurang dari sebulan.

Mbah Mijan, seorang paranormal kenamaan melalui akun Twitternya (@mbah_mijan) mengklaim bahwa kecelakaan-kecelakaan tersebut ada urusannya dengan makhluk-makhluk gaib penunggu sekitar Batu Bleneng. Kicauannya kemudian menuai berbagai komentar netizen yang kemudian ramai membicarakan legenda dan cerita Batu Bleneng.

Screen-Shot-2015-06-29-at-10.09.18-PM

asih menurut Mbah Mijan, konon area Batu Bleneng merupakan kerajaan jin dan dihuni banyak sekali makhluk halus sehingga tidak bisa dihancurkan, akibatnya tol harus dibuat berbelok menghindari batu tersebut. Hal itu diperkuat oleh kesaksian warga yang menyaksikan usaha untuk menghancurkan maupun memindahkan batu tersebut yang selalu berakhir gagal, bahkan sempat memakan korban. Suasana mistis batu tersebut juga diperkuat dengan adanya sejumlah makam di area sekitarnya. Ada pula yang percaya bahwa Batu Bleneng adalah sumbat mata air yang tidak akan berhenti mengucur kalau batu tersebut dihancurkan atau diangkat.

Menanggapi desas-desus mistis yang berkembang di kalangan warga setempat dan juga netizen di seluruh Indonesia, pengelola Tol Cipali menanggapi hal tersebut dengan argumen yang berbeda. Menurut pengelola, batu itu sengaja dibiarkan berada di sisi jalan tol sebagai pemandangan, tanpa ada alasan khusus lain. Ada juga warga sekitar yang memilih untuk tidak percaya bahwa batu yang berada di Desa Walahar, Cirebon, itu berhubungan dengan dunia gaib.