Inilah Penyebab Anda Mual Setelah Makan Sahur

60

Inilah Penyebab Anda Mual Setelah Makan Sahur

Saat bulan Ramadhan umat Islam diseluruh dunia pasti menjalankan puasa. Sunah sebelum kita berpuasa ialah sahur. Saat sahur kita pasti menyantap hidangan makanan agar kita kuat saat puasa nanti.

Tapi pernah kah anda merasakan perut anda mual saat setelah imsak ? ya, kebanyakan orang memang selalu seperti itu, perut terasa mual saat setelah makan sahur. Setelah makan sahur biasanya sekitar 15-30 menit kemudian anda merasa mual. Kemudian saat buat tidur dan mualnya tidak juga hilang malah bertambah parah. Bagaimana solusinya ?

Inilah jawaban mual setelah makan sahur :

Keluhan yang Anda alami disebabkan karena peningkatan asam lambung; hal ini umumnya terjadi selama proses adaptasi tubuh akibat perubahan jam makan terlebih bila porsi makanan Anda cenderung berlebih. Anda dapat menyiasatinya dengan mengurangi takaran makan Anda saat sahur namun lebih selektif dalam pemilihan menu makannya. Berbagai jenis bahan pangan seperti karbohidrat kompleks, diet tinggi protein, serta makanan kaya serat patut Anda coba sebagai alternatif menu sahur. Jagung, sereal, gandum, dan beras merah merupakan contoh sumber karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dalam tubuh. Protein yang sifatnya esensial bagi tubuh ini ternyata memiliki struktur yang kompleks sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk mencernanya. Ikan, telur, kedelai, dan berbagai jenis kacang-kacangan merupakan bahan pangan tinggi protein yang dapat dijadikan sebagai alternatif menu lauk Anda. Sedangkan untuk makanan kaya serat, Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan untuk membantu memastikan kecukupan vitamin dan mineral selama berpuasa sekaligus membantu menahan lapar.

Sudah tau kan jawabannya  ? semoga pertanyaan anda terjawab yah, dan rasa mual anda bisa berkurang. Bila rasa mual anda tidak kunjung sembuh segeralah periksakan diri anda ke dokter.