Bolehkah Setelah Sahur Kita Langsung Tidur Kembali ? Boleh, Asalkan..

26

Bolehkah Setelah Sahur Kita Langsung Tidur Kembali  Boleh, Asalkan..

Pada bulan Ramadhan ini ramai – ramai umat islam menunaikan rukun islam yaitu diantaranya adalah berpuasa. Pada bulan puasa biasanya umat muslim memang kurang tidur. Jam tidurnya berkurang karena harus menjalankan perintah sahur agar puasanya kuat.

Akibat dari kurang tidur itu sering kali kita mengantuk. Terkadang kita malah melupakan sahur dan langsung saja tidur saking kita lelah. Namun, ada juga yang sahur dan langsung tidur. Boleh kah setelah sahur kita langsung tidur ?

Tidur setelah sahur seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman di pencernaan. Hal yang dikhawatirkan yaitu munculnya efek refluks asam. Dalam kejadian ini asam lambung naik menuju kerongkongan dan kadang sampai ke tenggorokan . Karena sifat asam ini sangat kuat, maka kerap menimbulkan sensasi panas di dalam leher. Sebenarnya, boleh tidak tidur habis sahur itu dilakukan?

Untuk menjawab ini, perlu melihat dulu porsi makan sahur Anda. Menurut praktisi gizi klinik dan olahraga, Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, pada saat selesai makan maka lambung akan terisi makanan. Enzim di lambung segera bekerja untuk mencerna dengan bantuan oksigen. Pada situasi seperti ini, diperlukan darah yang cukup mengandung banyak oksigen. Semakin banyak yang dimakan saat sahur, kebutuhan oksigen makin besar.

“Boleh nggak? Bisa iya bisa tidak, tergantung dari seberapa besar dan jenis makanan yang kita asup. Kalau porsinya besar baiknya jangan langsung tidur, kalau porsinya kecil boleh saja tidur,” kata Rita seperti dikutip laman Okezone.

Pertimbangan lain sebelum memutuskan untuk tidur usai sahur adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Kalau menu sahur mengandung lemak cukup tinggi seperti menggunakan santan kental atau gorengan, baiknya lakukan aktivitas dahulu usai sahur sebelum tidur. Misalnya Anda bisa pergi ke masjid untuk shalat subuh berjamaah, membaca Al Quran, mencuci piring, dan sebagainya. Pasalnya, makanan berlemak adalah jenis yang sulit dicerna.

Biasanya jika banyak makanan lemak yang masuk ke dalam tubuh lalu dipakai untuk tidur, ada efek samping yang muncul. Contohnya kepala pusing dan pencernaan kurang nyaman.

Pada saat proses mencerna terjadi, aliran darah akan terpusat pada lambung. Pada posisi tidur, kerja organ basal justru menurun yang menyebabkan kerja enzim dan pencernaan tidak maksimal.

“Tapi kalau habis sahur kita beraktivitas, aliran darah lebih kencang dan terdistribusi dari lambung kembali ke otak lagi sehingga sirkulasinya baik,” ujar Rita.

Semoga jawaban dari pertanyaan diatas dapat menjawab pertanyaan anda yah, dan semoga ibadah puasa kita makin khusyuk dibulan yang suci ini, Aamiin.