Sang Penemu SMS Matti Makkonen Tutup Usia

44

Sang Penemu SMS Matti Makkonen Tutup Usia

SMS kini mungkin mulai tergerus dengan hadirnya layanan pesan instan. Namun, mereka pemakai ponsel fitur masih tetap mengandalkan masterpiece Makkonen ini. Dirinya diketahui meninggal karena penyakit namun tidak disebut rinci apa penyakit yang menyandera kesehatannya itu. RIP Makkonen.

Jika komunikasi kamu sangat terbantu dengan SMS, berterimakasihlah pada sosok Matti Makkonen. Pria kelahiran Finlandia ini adalah penemu Short Message Service atau SMS yang kini telah meninggal dunia tepatnya pada 26 Juni 2015 lalu. Selamat jalan Makkonen.

Laman Wikipedia menyebut, Makkonen adalah insinyur komunikasi mobile yang pernah bekerja di beberapa perusahaan top sebut saja Nokia. Atas sumbangsihnya yang luar biasa bagi peradaban komunikasi manusia lewat SMS, dia diganjar “Innovation Award” dari majalah The Economist.

Lahir di Suomussalmi, Finlandia pada 16 April 1952, Makkonen lulus sebagai insinyur di Universitas Oulu pada tahun 1976. Dia kemudian berkarir di Tlecoms and Postal agency (PTL), NMT, Telecom Finland, Nokia, Finnet, dan sederet perusahaan lainnya.

Berbicara soal SMS, menurut Makkonen, pengembangan SMS adalah usaha bersama dan dia mengakui Nokia turut memiliki andil besar dalam mempopulerkan layanan SMS. Nokia juga dia sebut sebagai ponsel pertama yang memungkinkan kemudahan menulis pesan teks.

“Peluncuran nyata layanan SMS, seperti yang saya lihat, ketika Nokia memperkenalkan ponsel pertama yang memungkinkan mudah menulis pesan,” kata dia saat perayaan ulang tahun ke-20 SMS pertama.

Agen Poker
Loading...