Jalur Alternatif Mudik Disiapkan Polisi Untuk Minimalisir Kecelakaan

Jalur Alternatif Mudik Kurangi Angka Kecelakaan

 

Sapujagat.com – Guna meminimalisir angka kecelakaan yang terjadi selama mudik Polri menyiapkan jalur alternatif dan tempat peristirahatan di beberapa titik rawan kecelakaan. Dengan nama sandi Operasi Ketupat, berbagai tindak kejahatan dan gangguan keamanan selama mudik akan diantisipasi.

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, Operasi Ketupat akan berlangsung selama 16 hari. Sebanyak 145.676 personel akan dilibatkan yang terdiri dari unsur Polri, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pramuka, dan relawan.

Salah satu titik rawan yang jadi perhatian Polri adalah jalur pantai utara. Meski tol Cikopo – Palimanan sudah bisa digunakan, namun Badrodin menilai kemacetan tetap akan terjadi di jalur utara tersebut.

“Beban lama Cikampek sampai Cirebon bisa berkurang. Tetapi bukan berarti tidak ada kemacetan. Oleh karena itu, kami siapkan rencana pengamanan dan pengaturan di sana,” ujar Badrodin di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (6/7).

Beberapa lokasi yang diperkirakan akan jadi titik kemacetan adalah pintu tol penjagaan hingga Brebes, Jawa Tengah. Dari Brebes, kemacetan diperkirakan lanjut sampai ke Tegal, termasuk arah selatan sampai Prupuk. Sementara di Limbangan, Kendal, Jawa Tengah, menurut Badrodin akan terjadi kemacetan yang memerlukan pengaturan.

“Ini beberapa titik kemacetan yang harus kami antisipasi, karena ada beberapa tempat seperti pasar tumpah di 107 titik dari seluruh jalur Pantura dan selatan seluruh Jawa,” kata dia.

Selain pasar tumpah, ada pula persimpangan jalan yang kerap jadi penyebab kemacetan. Belum lagi penyempitan bahu jalan pada 178 titik yang diwaspadai.”Jalan rusak ada 124 titik dan kini dalam progres. Semoga bisa selesai,” ujarnya.

Sementara untuk jalur alternatif, kepolisian sudah menyiapkan beberapa jalur jika terjadi kemacetan panjang di jalur utama. Jalur alternatif sepeda motor yang disiapkan mulai dari Karawang, sampai ke Cikalong dan Ciasem, Jawa Barat. “Satu perlu perhatian, sepeda motor. Itu termasuk yang 70 persen terlibat dalam kecelakaan,” kata dia.

a menyebutkan, pengendara sepeda motor bisa masuk melalui jalur Karawang lalu keluar di Cikalong dan Ciasem, bukan jalur Pantura seperti biasanya. Di sana, polisi telah menyiapkan enam rest area atau check point untuk sepeda motor. Rest area tersebut nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas, termasuk tempat istirahat dan rumah makan, sehingga bisa membuat pengemudi sepeda motor beristirahat sejenak.

Enam rest area tersebut di antaranya di Polres Bekasi, Subang, Indramayu, Brebes, Cirebon, dan satu wilayah lain. Menurut Badrodin, wilayah-wilayah tersebut merupakan pemberhentian yang bagus untuk sepeda motor.

Agen Poker