Resmi !! Barcelona Bajak Arda Turan Ke Camp Nou

84

Resmi !! Barcelona Bajak Arda Turan Ke Camp Nou

Selesai sudah drama transfer Arda Turan sepanjang musim panas. Setidaknya untuk sekuel pertama. Barcelona total bakal mengeluarkan 42 juta Euro untuk sang pemain, karena ada rincian tambahan tujuh juta Euro untuk beberapa detail tambahan. Turan adalah pembelian kedua –dan mungkin terakhir– Barca musim ini setelah Aleix Vidal, sayap Sevilla.

Keputusan pembelian Arda Turan ini berlarut-larut. Sebelumnya presiden lama Josep Maria Bartomeu sudah membawa pembicaraan dengan Atletico, sangat jauh. Para petinggi klub tinggal mengurus beberapa detail tambahan. Namun, sempat tidak ada yang berani mengetuk palu apakah Arda Turan akan datang ke Camp Nou atau tidak.

Barcelona resmi merekrut Arda Turan dari Atletico Madrid. Gelandang internasional Turki itu dibeli Barca dengan banderol 34 juta Euro. Meskipun demikian, ada opsi penjualan kembali Turan kepada ATM, jika presiden baru klub Catalan tidak sepakat dengan kedatangan pemain yang ditaksir oleh pelatih Luis Enrique tersebut.

Oleh karenanya, dalam kesepakatan yang ditandatangani bersama Atletico Madrid pada Senin (6/7) terdapat klausul penjualan kembali. Barcelona diizinkan menyodorkan lagi sang punggawa anyar ke ATM, dengan diskon 10 persen (3,4 juta Euro). Keputusan Barca akan mengembalikan Arda Turan atau tidak, berlaku hingga 20 Juli 2015.

Tindakan ini diambil karena saat ini tidak ada presiden klub yang bertanggung jawab dengan pembelian Arda Turan. Presiden baru, akan terpilih pada 18 Juli mendatang. Dengan demikian, ia memiliki waktu dua hari untuk menjual Turan ke ATM, atau tidak sama sekali. Andai melewati waktu tersebut maka angka penjualan akan berubah lagi.

Sebagai catatan, jika Barcelona mempertahankan Arda Turan, gelandang internasional Turki itu baru bisa bermain pada Januari 2016. Ini terjadi karena Barca masih menjalani sanksi larangan transfer oleh FIFA. Kasus yang sama juga berlaku untuk Aleix Vidal.