Ulang Tahun Eiji Tsuburaya, Inilah Karya-Karyanya yang Tak Kalah Menarik Dari Ultraman dan Godzilla

52

ulang tahun Eiji Tsuburaya

 

Sapujagat.com – Google Doodle menghadirkan ilustrasi interaktif terbaru dalam rangka memperingati ulang tahun ke-114 Eiji Tsuburaya hari ini, Selasa (7/7). Eiji Tsuburaya adalah seorang jenius. Bagaimana tidak, pria kelahiran tahun 1901 ini berhasil menyihir dan memukau seluruh dunia melalui dunia fiksi penuh monster yang diciptakannya. Hari ini, pada hari ulang tahunnya, dirinya akan merayakan hari jadi yang ke-114 jika ia masih hidup. Untuk mengenang karya-karya spektakulernya yang telah beredar di seluruh penjuru dunia selama seabad terakhir, Google mempersembahkan sebuah permainan interaktif di webpage mereka yang dapat dimainkan oleh siapapun.

Dua dari karya Eiji Tsuburaya yang sudah melegenda adalah Godzilla dan Ultraman. Siapa tak kenal mereka berdua? Godzilla adalah monster super besar dengan adegan khasnya yaitu menghancurkan kota yang terlihat sangat mungil jika dibandingkan dirinya. Sementara Ultraman adalah sosok pria berkostum ketat yang selalu berusaha melawan monster-monster jahat yang datang menyerang kota.

Ternyata, karya Eiji Tsuburaya sebelum ia meninggal pada tahun 1970 mencapai 250 film, lho! Sebagian karyanya berupa science-fiction dengan tentu saja kemunculan-kemunculan dramatis monster dengan berbagai bentuk dan jenis. Tidak heran dirinya dijuluki master of monsters. Berikut adalah film-film karya Eiji Tsuburaya selain Godzilla dan Ultraman yang juga sangat menarik dan patut ditonton!

The H-Man (1958)

the H-man

Dikisahkan seorang gadis cantik bernama Chikako yang berprofesi sebagai penyanyi. Pacaranya yang adalah seorang pengedar narkoba sedang dikejar-kejar oleh polisi. Sungguh aneh, ternyata pacarnya menghilang entah kemana. Selidik punya selidik, sebuah ledakan bom hidrogen mengubah dirinya menjadi monster yang dapat membunuh hanya dengan sentuhan. Keseruan pun berlanjut dengan usaha polisi menghentikan monster mematikan tersebut.

A Page of Madness (1926)

A Page of Madness (1926)

Ini adalah kisah tentang cinta sejati. Seorang pria di Jepang rela bekerja sebagai tukang bersih-bersih di sebuah rumah sakit jiwa agar bisa berada dekat dengan istrinya yang harus dirawat di sana. Meski istrinya memang memiliki gangguan mental yang cukup parah, pria ini bersikeras bahwa dirinya bisa menjaga istrinya, kemudian berusaha melarikan istrinya keluar dari rumah sakit jiwa itu.

Tomei Ningen (1954)

Tomei Ningen (1954)

Tomei Ningen artinya adalah Transparent Man, atau Lelaki Tembus Pandang. Kisah serunya berputar pada dua orang yang dapat membuat dirinya tembus pandang atau dengan kata lain tidak terlihat, setelah meminum sebuah formula rahasia yang diramu pemerintah pada masa Perang Dunia. Saat satu pihak menggunakan kemampuan itu untuk kejahatan, pihak lainnya berusaha menghentikan dengan keberanian dan kebaikan.