Waduh ! Bumi Sedang Berada di Titik Jauh Matahari

38

Waduh ! Bumi Sedang Berada di Titik Jauh Matahari

Bumi sedang berada di titik terjauh dari Matahari, yakni sekitar 152 juta kilometer pada pukul 15.41 waktu Eastern (EDT), atau sekitar pukul 2.30 WIB Selasa dini hari (7/7).

Mungkin penduduk di Bumi tidak banyak yang menyadari bahwa Matahari belakangan ini sedikit redup dari biasanya. Itu karena jaraknya memang sedang menjauh.

Bumi mencapai di jarak terjauh dari Matahari pada Senin (6/7) kemarin.

Mengutip situs NBC26TV, jarak terjauh Bumi dari Matahari dinamakan aphelion. Sementara istilah ketika Bumi berada di jarak terdekat dengan Matahari dinamakan perihelion. Uniknya, perihelion seringkali terjadi pada musim dingin.

Perlu diingat, musim di Bumi memang tidak ditentukan oleh seberapa jauh jarak dengan Matahari, sumbu kemiringan relatif Bumi terhadap Matahari adalah 23.5 derajat. Belahan Bumi bagian utara sekarang sedang mengarah ke Matahari, sehingga kawasan ini sedang mengalami musim panas.

Pihak NASA memprediksikan, setelah aphelion ini berakhir, Bumi akan mulai bergerak mendekati Matahari lagi tiap harinya hingga masa perihelion yang kira-kira jatuh pada 2 Januari 2016 mendatang.

Agen Poker
Loading...