Ibukota Punya MRT, Penampakan Stasiun Bawah Tanah MRT di Senayan yang Mulai Dicor

73

pengecoran lantai bawah tanah MRT jakarta

 

Sapujagat.comPT MRT Jakarta mengupload foto-foto pengerjaan stasiun Senayan di twitternya, Kamis (2/7/2015). Terlihat lantai concourse yang terletak di bawah tanah sudah terlihat bentuknya. Dinding-dinding di stasiun ini sudah mulai terbentuk. Ruangan di stasiun ini terlihat lapang. Namun bagian lantai stasiun ini masih terdapat banyak rangka-rangka besi.

Pengecoran lantai bawah tanah MRT

MRT Jakarta menyatakan, pengecoran ini dilakukan Rabu (8/7/2019) malam. Para pekerja melakukan pengecoran lantai concourse yang berada di bawah tanah Jl Sudirman yang ada di Senayan. Rencananya di bawah lantai concourse ini akan ada satu lantai lagi yang akan menjadi peron tempat penumpang menaiki kereta.

Selain stasiun bawah tanah di Senayan, para pekerja juga melakukan pengerjaan stasiun bawah tanah Bendungan Hilir. Namun tak seperti di stasiun Senayan yang bentuk stasiunnya sudah mulai terbentuk, di lokasi ini bentuk stasiunnya belum nampak. Para pekerja masih  melakukan pemasangan rangkaian-rangkaian besi di stasiun ini.

Rencananya stasiun MRT akan memiliki 2 lantai di bawah tanah. Dengan lantai yang paling bawah merupakan peron MRT. Kemudian satu lantai di atas peron ini terdapat lantai yang dijadikan tempat terbuka (concourse). Bagian peron dan lantai ini dihubungkan dengan menggunakan eskalator.

Bagian paling atas dari Stasiun MRT Bundaran HI adalah pintu masuk ke stasiun ini. Bagian pintu masuk di stasiun ini dibuat lebih tinggi dari jalanan.

Rencananya akan ada 6 stasiun MRT yang berada di bawah tanah. Stasiun-stasiun bawah tanah ini adalah Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas dan Bundaran HI. Rencananya akan ada 4 bor raksasa yang akan mengebor di Jl Sudirman saat proyek ini berjalan. Dua bor akan mengebor dari bawah Patung Pemuda Senayan arah HI. Sedangkan dua bor lainnya akan mengebor dari HI arah ke Patung Pemuda Senayan.

pengecoran lantai MRT jakarta

pengerjaan-MRT-di-Jakarta-1