Pembalut Kain Rekomendasi YLKI - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Pembalut Kain Rekomendasi YLKI

on

Pembalut kain rekomendasi YLKI

Sapujagat.comBerdasarkan pantauan YLKI, kandungan klorin terbanyak pada pembalut, sebesar 54,73 ppm ditemukan pada merk CHARM (produk PT Uni-Charm Indonesia). Sementara untuk kategori pantyliner, kadar klorin terbanyak sebesar 14,68 ppm ada pada merk V Class (produk PT Softex Indonesia).

YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) mengumumkan daftar merk pembalut berbahaya dan pantyliner yang mengandung klorin ke hadapan publik pada Selasa (7/7/2015). Berbagai merk pembalut terkenal masuk dalam daftar ini. Kandungan klorin dapat memicu iritasi hingga kanker.

Menurut pihak YLKI, alternatif yang terjamin bebas risiko bahan kimia berbahaya adalah dengan menggunakan pembalut kain. Selain tidak mengandung bahan kimia beracun yang bisa mengancam kesehatan reproduksi perempuan, pembalut kain juga bisa dicuci sendiri dan digunakan kembali. Sehingga kebersihannya terjamin langsung oleh pemakai pembalut dan tidak perlu lagi membeli pembalut untuk pemakaian setiap bulan.

Selain itu, pemakaian pembalut kain dinilai lebih ramah lingkungan. Pemakaiannya tidak menyisakan sampah-sampah seperti pembalut sekali pakai. Apalagi, ternyata salah satu sumber sampah terbesar di Indonesia adalah sampah pembalut.