H-6 Jelang Lebaran, Puncak Arus Mudik di Comal Hingga Pekalongan Mulai Padat

43

puncak arus mudik 2015

Sapujagat.com – Arus mudik lebaran sudah mulai ramai pada akhir pekan ini atau pada H-6 lebaran, khususnya di Pulau Jawa. Kepadatan kendaraan pemudik dari arah Barat masuk ke Pantura Jawa Tengah mulai terasa sejak sekitar Comal, Kabupaten Pemalang hingga Wiradesa Kabupaten Pekalongan.

Dari pantauan detikcom mulai dari Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (11/7/2015) kepadatan terjadi di pertigaan exit tol darurat Brebes Timur. Namun kondisi tersebut bisa diatasi oleh petugas polisi yang mengatur lalu lintas di sana.

Dari Brebes Timur masuk ke Kabupaten Tegal lalu lintas lancar karena ada rekayasa lalu lintas yaitu menonaktifkan traffic light sehingga petugas leluasa mengatur.

Kepadatan kendaraan dari arah Barat mulai terasa di Comal, Kabupaten Pemalang karena pertemuan arus dari Pantura dan jalur alternatif. Salah satu jalur alternatif yang tembus ke Pantura adalah dari Dermoleng, Brebes.

027ed11e-0137-4180-bbf1-f2edf15973c3_169
Kondisi padat merayap dan ramai lancar silih berganti hingga Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Sementara itu di Kota Pekalongan hingga pukul 21.00 WIB kepadatan terjadi di jalur tengah Kota. Polisi terlihat mengatur lalu lintas dengan memecah arus kendaraan.

Pada pukul 15.58 WIB, kondisi arus lalu lintas di jalur Pantura, khususnya di Comal, Pemalang terpantau padat. Pukul 15.45 WIB, truk mogok juga menyebabkan laju kendaraan di Jalan Bulukamba Tegal arah Semarang tersendat.

Begitu juga jalur Tegal-Slawi di jalur Banjaran Adiwerna, pada pukul 15.53 WIB juga terpantau padat merayap dan cuaca cukup cerah.

Guna mengantisipasi kemacetan mudik, Polda Jawa Barat mengimbau kepada pengemudi truk atau mobil besar agar tidak melintas mulai 13 hingga 19 Juli 2015. Kecuali kendaraan atau truk yang bermuatan sembako, BBM atau BBG.