Rizman Jadi Astronot Pertama Berkebangsaan Indonesia yang Meluncur ke Ruang Angkasa

72

astronot asal indonesia

Sapujagat.com –  Rizman merupakan orang Indonesia pertama yang akan menyaksikan langsung pergerakan bumi dari luar angkasa. Lama tidak terdengar kabarnya, Rizman Adhi Nugraha akan menjadi orang Indonesia pertama yang akan menyaksikan langsung pergerakan bumi dari luar angkasa. Rizman, pria kelahiran 2 April 1989 menjalani serangkaian ujian untuk bisa mengorbit di luar atmosfir bumi setelah memenangkan kompetisi global Axe Apollo Space Academy.

Awalnya Rizman hanya iseng mencoba coba kompetisi ini setelah melihat banyak iklan dari media cetak maupun elektronik.

“Tinggal register saja. Ada website dan iklannya. Dari lihat iklan aku coba daftar,”

Dia sama sekali tidak menyangka akan lolos dan maju sejauh ini, mengingat niat awalnya hanyalah coba coba dan iseng belaka. Setelah diumumkan sebagai peserta, ia dan 40 peserta Indonesia lainnya menjalani ujian selama tiga hari penuh. Menempuh ujian seperti turun dinding curam ketinggian 50 meter dengan tali, panjat tebing, simulasi aerobatic menggunakan pesawat Cessna, terakhir tes kesehatan dan wawancara bahasa Inggris.

astronot asal indonesia

Dan ternyata Rizman terpilih sebagai tiga finalis yang akan masuk global camp. Dan Rizman menceritaka pengalamannya selama mengikuti Camp ini. Selama sepekan, dia menempuh ujian seperti air combat mission, misi terbang akrobatik menggunakan pesawat milik Air Combat USA.

“Tesnya diputar-putar di udara. Seperti naik jet coaster. Waktu misi itu terasa banget efek gravitasinya. Pesawat menukik ke atas, lalu tiba-tiba menghunjam ke bawah,”

wPuZ2ELcdO1435550164

Setelah misi terbang, Rizman menjalani simulasi G Force , dimana dalam tahap ini peserta akan masuk ke dalam mesin yang akan memutar mereka dengan kecepatan tinggi.

“Sebelum masuk mesin, kita diminta menghapal sekitar empat angka. Pas keluar mesin, kita ditanya lagi angka tersebut, masih ingat atau tidak,”

Dan pada hari terakhir diadakan sebuah perjamuan dan mengumumkan peserta yang layak terbang hingga luar atmosfir, dan ternyata Rizman adalah salah satunya. Ketika pengumuman, Rizman diminta untuk naik ke panggung. Juri kemudian bertanya mengapa dia tidak terlihat takut dan panik ketika menjalani sejumlah tes tersebut.

“Saya jawab saja kalau saya menikmati, enjoy saja dengan itu,”

600