Jalur Alternatif Jika Tol Cipali Macet

70

tol cipali macet

Sapujagat.com – Sejak dibukanya Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) pada musim Lebaran tahun ini para pemudik bisa lebih cepat sampai ke beberapa lokasi tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Walau demikian tol yang di buat sejak jaman SBY dan di resmikan Jokowi tersebut ternyata belum sebanding dengan jumlah kendaraan pemudik. Exit tol cipali bisa mengular sampai 10 km akibat adanya peningkatan jumlah kendaraan. Anda termasuk pemudik yang akan melalui jalur tol CIpali? Jika iya, simak jalur alternative berikut ini:

Skenario Pemudik dari arah Tol Cipularang

Bagi anda yang akan masuk tol dari arah cipularang, salah satu skenarion yang bisa anda gunakan adalah keluar di Pintu Tol Cileunyi dan keluar menuju arah Lingkar Nagrek menuju Garut. Jika di Simpang Nagrek ke arah Tasikmalaya via Gentong dan Ciawi terlihat lengang, pemudik bisa lurus ke arah Malangbong, Garut-Ciawi-Tasikmalaya-Cihaurbeuti-Ciamis-Banjar sampai ke Cilacap, Jawa Tengah.

Jalur alternatif Garut via Singaparna

Saat anda akan mudi, jangan lupa untuk terus monitor kondisi lalu lintas berdasar pantauan media baikĀ  dan jangan lupa untuk terus berkomunikasi melalui jejaring social. Jika di Simpang Nagrek ke arah Tasikmalaya via Gentong dan Ciawi sudah terlihat padat merayap, pemudik bisa mengambil jalur alternatif Garut via Singaparna. Jalur Garut via Singaparna, Tasikmalaya ini relative menarik untuk dicoba karena belum banyak pemudik yang mengenal dareah ini. Jalur ini biasanya relatif kosong dan lancar dilalui kendaraan. Namun jalur ini memiliki banyak tikungan dan tanjakan tajam yang perlu diwaspadai para pengendara selama di perjalanan.

Jalur Selatan Tasikmalaya

Saat anda melalui jalur Garut via Singaparna, maka tujuan berikutnya adalah menuju Tasikmalaya Kota-Ciamis-Banjar dan Cilacap, Jawa Tengah, menyusuri jalur Selatan Jawa ke Yogyakarta dan sekitarnya. Jalur ini dikenal sebagai jalur selatan yang memang tidak sepopuler jalur pantura. Anda tak perlu khawatir dengan lokasi peristirahatan apabila melalui jalur Selatan Tasikmalaya baik via Gentong maupun via Singaparna. Pemerintah daerah setempat dan penyelenggara jalan tol sudah menyediakan di sepanjang jalur tersebut terdapat beberapa Rest Area yang asri di pingir-pinggir jalan dengan suasana asri pesawahan dan pegunung.

28-SIMPANG-CAGAK