Sang Presiden Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia - Infotainment News Online Terkini

JagatTekno

Sang Presiden Nintendo Satoru Iwata Tutup Usia

on

Satoru Iwata, President of Nintendo Co., Ltd., poses during an interview after Nintendo's E3 presentation of their new Nintendo 3DS at the E3 Media & Business Summit in Los Angeles June 15, 2010. Japan's Nintendo Co Ltd on Tuesday took the wraps off a new version of its DS handheld device that can play games and show movies in 3D without glasses, in an effort to revitalize demand. REUTERS/Phil McCarten (UNITED STATES - Tags: SCI TECH BUSINESS)

Satoru Iwata mengawali karirnya di industri game sejak usianya masih muda. Ia bergabung dengan perusahaan Jepang bernama HAL Laboratory Inc. Iwata turut membantu pengembangan beberapa judul game, salah satunya adalah Mother and Kirby. Game tersebut meraih sukses besar dan membawa Satoru Iwata ke posisi Presiden HAL Laboratory.

Industri game dunia saat ini sedang berduka karena salah satu tokoh yang menonjol telah meninggal dunia, yakni Presiden dan CEO Nintendo of America, Satoru Iwata. Nama Nintendo tentu tidak asing di kalangan gamer dan kini telah ditinggalkan salah satu tokoh besarnya. Satoru Iwata meninggal di usia 55 tahun.

Setelah meninggalkan HAL Laboratory, Iwata kemudian bekerja sebagai mitra strategis Nintendo of America. Pada Juni 2000, Iwata diangkat menjadi direktur Nintendo of America dan segera naik pangkat menjadi Presiden pada tahun 2002. Iwata kemudian menjadi Representative Director.

Selama bekerja di Nintendo, Iwata bertugas untuk mengawasi perusahaan dan memasarkan konsil Nintendo Wii yang sukses menarik perhatian konsumen. Konsol Wii bisa dikatakan sebagai prestasi terbesar Iwata di Nintendo. Ia turut membantu pengembangan hardware dan fitur unik yang membuatnya menarik dan sukses di pasar.

Ia juga membantu pengembangan beberapa judul game, antara lain adalah Mario, Legend of Zelda, dan Animal Crossing series. Iwata juga membantu pengembangan konsol Nintendo Wii U dan akhirnya dipromosikan menjadi CEO. Namun, 11 Juli 2015 kemarin Satoru Iwata telah meninggal dunia karena terserang penyakit kanker saluran empedu.

Sayonara, Satoru Iwata!