Pantauan Arus Mudik, Tol Cipali Renggang Namun Macet Panjang di GT Palimanan

53

150713140328-senin-siang-ruas-tol-cipali-lancar-dan-lengang

Sapujagat.com – Pada H-6 lebaran kepadatan kendaraan di Tol Cipali mulai terjadi di KM 179 hingga arah Cirebon. “Lalin Tol Cipali terpantau padat mulai KM 179 arah ke Cirebon,” kicau NTMC melalui akun Twitter-nya @NTMCLantasPolri yang diunggah pada pukul 15.44 WIB.

Pada rabu (15/7), Arus mudik yang melintasi Tol Cipali di H-2 ini mulai menipis. Sejauh ini antrean menuju gerbang Tol Cikopo padat merayap sepanjang 600 meter.

“Sudah mulai menyusut antrean hanya sampai 600 meter. Mudah-mudahan lonjakan bisa dikatakan tadi malam. Mudah-mudahan Jakarta udah habis,” kata Satuan Polisi Jalan Raya (PJR), Iptu Sumadi di Gerbang Tol (GT) Cikopo, Rabu (15/7).

arus-mudik-di-tol-cipali-mulai-tipis-macet-panjang-di-gt-palimanan
Untuk hari ini ada 15 gardu yang diaktifkan untuk GT masuk. Sedangkan dari arah GT Palimanan macet mulai dari kilometer 80 sampai GT Cikopo. Dalam artian antrean dari arah Palimanan menumpuk sepanjang 8 kilometer di depan GT Cikopo. Kemacetan itu terjadi karena jalur untuk mudik lebih diprioritaskan.

“Menuju Jakarta hanya 3 gardu. Kita prioritaskan jalur mudik,” tuturnya.

Namun kemacetan arus mudik justru terjadi di GT Palimanan, dari arah Cikopo. Arus mudik tersendat mulai dari kilometer 163. Kemacetan panjang sejauh 25 kilometer terjadi di GT Palimanan.

“Arus datang terus. Mayoritas karyawan Jakarta sudah pada libur,” ucapnya.

Dari pantauan merdeka.com, pada Km 163 ada mobil berhenti di pinggir jalan dengan beberapa petugas kepolisan. Sedangkan di km 151 mobil derek mengangkut satu mobil. Cuaca terik dengan embusan angin yang kencang. Jalanan didominasi kendaraan pribadi dan sedikit bus.