Waduh ! Hati – Hati Batu Akik Palsu Telah Menyebar Luas

32

Waduh ! Hati - Hati Batu Akik Palsu Telah Menyebar Luas

Tren batu akik di Indonesia sudah terbilang tidak biasa, begitu banyak penggemar dan pemiliknya yang mengoleksi batu akik. Terbutki, masih banyak orang-orang yang memburunya untuk lahan bisnis atau hanya untuk koleksi saja. Macam-macam bentuk batu ini pun beragam, bahkan setiap daerah di Indonesia seperti punya khas tersendiri.

Batu akik palsu atau sintetis asal China telah mulai marak di pasaran tanah air hingga meresahkan penggemar batu asli Indonesia. Secara fisik, terkadang sangat sulit membedakan batu akik yang asli dengan sintetis apalagi bila Anda adalah pemula. Kondisinya benar-benar mirip dan hanya bisa di tes dengan alat dari laboratorium.

Syam Siamnata selaku Ketua Komunitas Batu Gambar Indonesia, mengungkapkan hal itu kepada media. Alat untuk mengetahui keaslian batu adalah lensa pembesar yang memungkinkan dilakukan zoom hingga 200 kali dan melihat molekul batu asli atau sintetis.

“Saat ini sudah marak batu-batu palsu dari Cina, ini perlu kita waspadai bersama,” kata Syam seperti dilansir laman Liputan6.

Syam sendiri mengaku tak tahu bagaimana cara batu sintetis itu dibuat, hingga menjadi begitu mirip dengan asli. Namun ia pastikan pemalsuan itu sangat merugikan pasar batu akik di tanah air, terutama perajin dan petambang.

“Yang jelas ini upaya untuk mendistorsi batuan kita. Karena batuan kita sedang diburu masyarakat internasional. Dan dalam perang dagang ini ada upaya upaya untuk mendistorsi batuan kita,” jelasnya lagi.

Hal pemalsuan tersebut bahkan sudah ditemukan pada batu bergambar asal Pacitan, Jawa Timur. Batu bergambar yang biasanya bernilai tinggi asli Pacitan pun sudah ada versi palsu atau sintetisnya.

“Itu sudah termasuk penipuan, mengaku batu asli sana (Pacitan) tapi ternyata produk Cina. Dijual mengaku dari Pacitan,” tukas Syam lagi.

Syam berharap dengan maraknya serbuan batu sintetis atau buatan dari China tersebut, penyediaan laboratorium untuk pengecekan keaslian batu bisa mudah diakses. Lab itu seharusnya ada di sentra batuan, dan biaya pengecekan lebih murah.

“Lab di Jakarta ada, di Yogya ini baru ada satu Annur di XT Square, tapi memang sebaiknya setiap sentral penghasil batu mulia itu ada Lab.”

Pemalsuan ini akan membuat penggemar batu akik di luar negeri tak lagi percaya pada batu asli Indonesia. Harga batu asli bisa turun dan tak banyak memberi untung pada masyarakat.

Agen Poker