Festival Obon: Sebuah Festival Musim Panas untuk Menghormati Leluhur

44

festival obon

Sapujagat.comFestival musim panas Obon sama pentingnya dengan Tahun baru di kalender jepang. Festival Obon Ini merupakan waktu ketika keluarga berkumpul untuk menghormati leluhur dan mengunjungi kuburan mereka. Dan itu biasanya di sebut tarian perayaan bon odori.

Salah Satu Adat Yang Paling Penting Di Jepang

Dalam festival musim panas Obon, masyarakat Jepang menyambut roh nenek moyang mereka ke rumah mereka dan menyediakan mereka dengan sesajen. Festival Obon ini paling sering diadakan antara 13 Agustus dan 16 Agustus, dibeberapa daerah jepang umumnya lebih cepat dari biasanya. Keluarga menghormati nenek moyang mereka dan mengunjungi makam keluarga almarhum, sementara di beberapa daerah ada tarian tradisional lama yang dikenal sebagai bon odori. Banyak perusahaan memberikan karyawan hari off untuk Obon pada pertengahan Agustus.

Obon dalam bentuk seperti sekarang ini merupakan sinkretisme dari tradisi turun temurun masyarakat Jepang dengan upacara agama Buddha yang disebut Urabon’e. Adat ini berasal dari sebuah cerita tentang seorang siswa Buddha yang membuat persembahan untuk menyelamatkan ibunya dari siksaan Neraka Hantu Lapar (salah satu dari enam cerita tradisional eksistensi dalam Buddhisme). Sejak periode Edo (1603-1868), Obon telah menjadi salah satu kebiasaan Jepang yang paling penting, di samping perayaan Tahun Baru dalam kalender acara tahunan.

 

Arwah Hewan

6065838993_2291e9a4d6_b

Keluarga menerangi jalan bagi leluhur, untuk memastikan mereka dapat menemukan jalan ke kediaman keluarga yang ditinggalkan. Hari pertama festival yang dikenal sebagai Mukaebon. Awalnya festival ini menggunakan api, namun sekarang api di ganti dengan lampu listrik.

Altar khusus juga disiapkan, yang lazimnya memiliki tangkai bambu di setiap sudut dengan tali jerami terikat di antara altarnya, ada yang mengatakan ini adalah untuk menangkal roh jahat dan tanaman Hōzuki tergantung menyerupai lentera.

Ada juga perwakilan dari jiwa hewan yang terbuat dari mentimun atau terung, dengan tongkat kayu untuk kaki yang mengangkut arwah nenek moyang dari dunia orang mati. Mentimun ibarat kuda yang membawa mereka dengan cepat, dan terong ibarat sapi untuk membawa mereka kembali perlahan-lahan.
Di beberapa daerah, kebakaran disebut Mukae-bi yang menyala di pintu masuk rumah untuk memandu roh. Pada hari terakhir, orang-orang membawa roh nenek moyang yang kembali ke kubur, tergantung chochin dicat dengan lambang keluarga untuk membimbing roh. Ini disebut okuri-bon. Di beberapa daerah, kebakaran disebut okuri-bi yang menyala di pintu masuk rumah untuk mengirim roh nenek moyang ‘. Selama Obon, bau dupa Senko mengisi rumah Jepang dan pemakaman. Yang paling terkenal dan banyak menarik wisatawan adalah api unggun yang menyala pada lima gunung dekat Kyoto pada 16 Agustus di Gozan Okuribi. Di beberapa daerah, ada yang menghanyutkan lentera di sungai atau laut untuk memandu roh, namun hal ini jarang dilakukan.
lampion di festival obon
Berkunjung ke Makam
pemakaman bon obori
Puncak Festival Obon di tanggal 14-15 Agustus diambil sebagai hari libur oleh banyak orang Jepang. Meskipun bukan libur nasional, banyak orang masih mengambil cuti dari pekerjaan untuk kembali ke kampung halaman mereka. Sesampai di sana, mereka mengunjungi makam kerabat mereka untuk membersihkan batu nisan, tempat bunga, dupa, dan membuat sesajen.
Tarian Perayaan
tarian bon obori
Bon Odori merupakan tarian yang dilakukan selama Obon . Awalnya tarian untuk menyambut roh orang mati. Tarian dan musik yang menyertai mereka berbeda untuk setiap wilayah Jepang. Biasanya, tarian bon melibatkan Orang-orang yang bergerak berlawanan arah jarum jam atau searah jarum jam. Kadang-kadang mereka beralih arah. Penari bisa membentuk lingkaran di sekitar penabuh drum di panggung pusat atau bergerak melalui jalan-jalan, tergantung pada tradisi lokal.
Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Oricon Style, lagu favorit dari bon odori peringkat teratas adalah Sōran Bushi sebuah lagu rakyat pertama dinyanyikan oleh nelayan Hokkaido yang sekarang sering belajar di sekolah-sekolah di seluruh Jepang. Peringkat kedua adalah Tōkyō Ondo dan Doraemon Ondo, versi modern dari anime populer, berada di peringkat ketiga.

 

 

Agen Poker
Loading...