Hasil Pertandingan Piala Super Spanyol 2015 : Barcelona Takluk 4 Gol Tanpa Balas

62

Hasil Pertandingan Piala Super Spanyol 2015  Barcelona Takluk 4 Gol Tanpa Balas

Pada laga di San Mames, Sabtu (15/8/2015) dinihari WIB, Barca menurunkan tim yang sedikit berbeda dibandingkan dengan saat menghadapi Sevilla di ajang Piala Super Eropa. Gerard Pique, Jeremy Mathieu, dan Sergio Busquets tak dimainkan, sementara Javier Mascherano dipasang sebagai gelandang. Adapun Andres Iniesta dan Ivan Rakitic baru masuk lapangan pada babak kedua.

Athletic Bilbao membuat kejutan besar pada pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol. Los Leones menghantam tim yang telah meraih empat trofi pada tahun ini, Barcelona, dengan skor telak 4-0.

BABAK PERTAMA :

Luis Enrique memilih untuk mengistirahatkan banyak pemain inti Barca dalam laga ini. Dari semua pemin inti Barca, tercatat hanya Dani Alves, Javier Mascherano, Lionel Messi dan Luis Suarez saja yang tampil sebagai starter di tim Barca.

Meski menghadapi tim Barca yang kekuatannya berkurang, Bilbao tidak serta-merta langsung menyerang. Mereka tetap disiplin menerapkan permainan yang rapat dan hati-hati pada awal pertandingan.

Namun Bilbao segera menemukan berbagai celah dalam permainan Barca. Bilbao bahkan sudah mampu menguji ketangguhan Marc-Andre Ter Stegen pada 10 menit pertama laga.

Bilbao akhirnya mencetak gol pertama mereka pada menit ke-13 dengan memanfaatkan kesalahan Ter Stegen. Demi menghalau bola lambung, Ter Stegen berlari keluar dari kotak penaltinya dan menyundul bola ke tengah. Bola segera didapat oleh Mikel San Jose yang kemudian melepas tendangan langsung dari tengah lapangan. Gol spektakuler pun tercipta.

Bilbao bisa bermain semakin nyaman setelah gol itu. Mereka bahkan mampu mengisolasi Lionel Messi dari permainan Barca. Alhasil, Barca tak mampu menciptakan peluang sebanyak biasanya. Namun Barca juga bukan berarti tak punya peluang. Menjelang babak pertama berakhir, Gorka Iraizoz dipaksa membuat penyelamatan gemilang untuk menghalau tendangan melengkung dari Messi.
BABAK KEDUA :

Memasuki babak kedua, permainan Bilbao nampak semakin percaya diri. Mereka merasa bisa mengatasi tim lapis kedua Barcelona kali ini. Alhasil, mereka pun bisa mengambil kendali permainan dengan baik.

Pedro dan Luis Suarez sempat mengancam, tapi Bilbao yang justru menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-63. Gol kedua Bilbao ini dicetak oleh penyerang gaek Aritz Aduriz, memanfaatkan kesalahan dari Sergi Roberto.

Sabin menyisir dari sayap kiri, melewati Roberto dan mengirim umpan silang ke depan gawang Barca. Aduriz meloncat tinggi dan menanduk bola yang tak bisa dihalau oleh Ter Stegen.

Sembilan menit berselang, Aduriz mampu mencetak gol keduanya dalam laga ini. Pertahanan Barca seperti kebingungan menghadapi serangan-serangan dari sayap. Situasi itu membuat Aduriz bisa mendapatkan bola di depak gawang dan melepas tendangan keras yang berbuah menjadi gol ketiga Bilbao.

Derita Barca bertambah pada menit ke-68 saat Dani Alves dinilai melanggar pemain Bilbao di kotak penalti. Wasit pun menunjuk titik putih dan Aduriz sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor. Aduris mencatatkan hattrick dan Bilbao kini unggul 4-0 atas Barca.

Tim tamu sempat berusaha bangkit dan menyerang Bilbao, namun pertahanan tuan rumah terlalu disiplin. Alhasil, hingga laga berakhir, skor 4-0 untuk Bilbao tetap bertahan.

Meski kalah cukup telak, peluang Barcelona untuk menjadi juara Supercopa belum tertutup. Kedua tim masih akan menjalani pertandingan leg kedua yang akan digelar di markas Barca; Camp Nou, tiga hari ke depan.

Susunan Pemain
Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; Benat, San Jose; Susaeta (Boveda 85′), Eraso (Gurpegi 77′), Sabin (Inigo Lekue 66′); Aduriz

Barcelona: Ter Stegen; Dani Alves, Vermaelen, Bartra, Adriano; Sergi Roberto (Rakitic 60′), Mascherano, Rafinha (Iniesta 52′); Messi, Suarez, Pedro (Sandro Ramirez 72′)