Murni Serangan Teroris, Pelaku Pemboman Terekam CCTV

52

Serangan bom yang terjadi di Bangkok mendatangkan kecaman dari berbagai seluruh dunia, termasuk Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon yang menyatakan terkejut.

Kuil Erawan terletak di kaki hotel bintang lima Grand Hyatt Erawan dan dikelilingi oleh rangkaian hotel-hotel dan mal-mal besar yang menarik puluhan pengunjung setiap hari.

Dipersembahkan untuk Dewa Brahma, kuil ini dikunjungi oleh ribuan penganut Buddha setiap hari, khususnya dari Tiongkok yang sedang melancongi Thailand.

Pemimpin junta Thailand, Selasa (18/8/2015), mengatakan, pihak berwenang sedang memburu seorang pria yang diduga menjadi tersangka pelaku peledakan bom yang menewaskan sedikitnya 21 orang dan melukai puluhan lainnya di Bangkok, kemarin. Orang itu terlihat dalam rekaman CCTV di dekat lokasi ledakan.

“Hari ini ada seorang tersangka yang terlihat dalam CCTV, tetapi tidak jelas …. Kami sedang mencari orang ini,” kata Perdana Menteri Prayut Chan-O-Cha. Dia menambahkan bahwa dirinya yakin tersangka berasal dari “kelompok anti-pemerintah yang berbasis di Thailand timur laut”. Daerah timur laut itu merupakan basis kelompok Kaus Merah yang anti-pemerintah.

Wartawan BBC , Jonathan Head yang merupakan salah satu wartawan pertama di tempat kejadian mengatakan ia mendapati pemandangan yang kacau ketika tiba. Head melihat bagian-bagian tubuh korban bom tersebar di mana-mana.

Senada, seorang paramedis Selandia Baru yang bekerja dengan layanan ambulans Bangkok, Marko Cunningham, mengatakan pemandangan saat itu seperti pasar daging. “Ada mayat di mana-mana dan ada yang terbelah dan robek. Itu mengerikan,’’ katanya.