Lereng Merbabu Kebakaran Besar Penyebabnya Sisa Api Unggun Pendaki

29

Sapujagat.com – Informasi diperoleh dari sejumlah akun Twitter relawan dan akun Twitter BPPTKG Yogyakarta menyebutkan bahwa di lereng Gunung Merbabu terjadi  Kebakaran besar. Kebakaran terjadi di lereng Gunung Merbabu, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (20/8/2015) sore.

BPPTKG melaporkan, pada pukul 20.07 WIB, api bahkan mendekati lokasi Stasiun CCTV milik BPPTKG. Laporan ini dilengkapi pula dengan foto yang memperlihatkan kobaran api yang memanjang.

“Pada 20.07 Kebakaran #Merbabu mendekati lokasi sta. cctv @BPPTKG Mohon doanya, Semoga api segera padam,” tulis akun resmi BPPTKG.

merbabu kebakaran

akun Media Center @infobencana mengunggah kumpulan foto-foto kebakaran merbabu yang tersebar cepat melalui twitter. Foto-foto ini memperlihatkan seberapa besar kebakaran yang terjadi di Merbabu.

lereng merbabu kebakaran

Kebakaran yang melanda hutan Gunung Merbabu juga sudah terlihat dari KM 30 tol Ungaran-Bawen. Jika menuju ke arah Bawen akan terlihat garis merah.

Rino Mahardika, petugas jaga di posko SAR yang bisa dihubungi Tribun Jateng menjelaskan proses pemadaman hanya bisa dilakukan siang hari.

“Dari info yang saya dapat lokasinya di tepi-tepi jurang, sehingga berbahaya jika dilakukan pemadaman malam hari,” ucapnya melalui sambungan telepon, Kamis (20/8/2015) malam.

Ia menambahkan potensi terbesar penyebab kebakaran terjadi karena sisa api unggun pendaki. “Di bulan Agustus memang musim mendaki, beberapa hari yang lalu setelah 17 Agustus, Gunung Ungaran juga sempat dilanda kebakaran,” bebernya.