Kemungkinan Perang Sangat Kecil Antara Korut-Korsel - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Kemungkinan Perang Sangat Kecil Antara Korut-Korsel

on

Sapujagat.com -Melalui jalur khusus telepon militer, Korea Utara sudah memberi waktu 48 jam bagi Korea Selatan (Korsel) agar melepas pengeras suara yang menyuarakan pesan-pesan anti-Pyongyang.

Wakil Menteri Pertahanan Korsel Baek Seung-joo mengatakan, kemungkinan Korut akan menembak 11 lokasi dengan sejumlah pengeras suara telah ditempatkan di sisi Korsel dari Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua negara itu.

Namun, menurut seorang ahli masalah Korut dari Seoul, kemungkinan terjadinya perang adalah kecil. Hal ini terlihat dari tidak adanya korban dan kerusakan dari pertukaran tembakan yang dilakukan kedua kubu pada Kamis lalu.

0700News_300k_2012-02-21_7.asf_000030116

“Fakta bahwa tembakan dari kedua pihak tidak merusak apapun berarti mereka tidak ingin kejadian ini berubah menjadi sebuah pertempuran. Selalu ada kemungkinan untuk perang, tapi kemungkinan itu sangat kecil,” kata Profesor dari University of North Korean Studies, Yang Moo-jin sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (21/8/2015).

Kedua negara bertetangga ini masih dalam keadaan perang sejak perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri Perang Korea ditandatangani pada 1953. Bahkan pada 2013, Korut menyatakan perjanjian gencatan senjata telah dibatalkan dan Pyongyang telah memasuki keadaan perang dengan Seoul.