Apa itu Mundaneum Yang Dirayakan Google Hari Ini

35

Sapujagat.com РTepat pada hari ini, Google Doodle sedang merayakan hari ulang tahun ke-147 Paul Otlet sebagai pendiri Mundaneum. Tak banyak yang mengetahui apa sebenarnya Mundeneum tersebut. Dan di hari ulang tahun Paul Otlet, kita akan mengupas sedikit banyak tentang awal Mundaneum yang dianggap sebagai tonggak dalam sejarah pengumpulan data dan manajemen serta sebagai prekursor ke internet.

Paul Otlet merupakan seorang pengacara berkebangsaan Belgia yang merupakan inisiator berdirinya Mundaneum pada tahun 1910.

Dilansir dari Google.com, Minggu (23/8) pada tahun 1895 lalu, Paul Otlet dan rekannya, Henri La Fontaine, memiliki inisiatif untuk mendirikan Mundaneum yang bertujuan untuk mengumpulkan semua pengetahuan dan mengklarifikasikannya menurut sistem mereka.

Kemudian, hasilnya dikembangkan yang disebut dengan klasifikasi desimal universal, hal ini awalnya merupakan bagian dari pekerjaan Paul dan Henri pada ilmu dokumentasi. Keduanya juga menyelenggarakan International Conference of Internasional Asosiasi yang menjadi asal mula dari Union of International Asosiasi (UIA).

Hingga saat ini, Mundaneum diidentifikasi sebagai tonggak sejarah dalam pengumpulan data dan manajemen untuk prekursor ke internet. Pemikiran Paul juga dianggap sebagai proyek masa depan kala itu. Bahkan, ada yang menganggapnya sebagai perintis Wikipedia dan Wolfram Alpha.

Mundaneum awalnya bertempat di Palais du Cinquantenaire di Brussels, Belgia. Paul juga pernah menugaskan seorang arsitek bernama Le Corbusier untuk merancang Mundaneum yang akan dibangun di Jenewa, Swiss pada tahun 1929.

Meskipun tidak pernah dibangun, proyek tersebut dipicu The Mundaneum Affair dengan alasan teoritis antara kritikus Corbusier dan Ceko serta seorang arsitek lainnya bernama Karel Teige.

Ketika Nazi Jerman menginvasi Belgia pada tahun 1940, Mundaneum digantikan dengan pameran seni Reich Ketiga, dan beberapa materi itu hilang. Mundaneum dilarutkan dalam bangunan yang besar di Leopold Park.

Bangunan itu tetap ada sampai dipaksa pindah lagi pada tahun 1972. Mundaneum kemudian pindah ke sebuah bangunan tahun 1930-an department store di Mons (Walonia), di mana terdapat museum yang dibuka pada tahun 1998.