Mengapa Google Doodle Memperingati HUT Duke Kahanamoku?

40

Sapujagat.com – Tidak banyak orang tau siapa itu Duke Kahanamoku, dan mengapa Google Doodle memperingati HUT nya ?

Pemilik nama lengkap Duke Paoa Kahinu Mokoe Hulikohola Kahanamoku. Warga paling terkenal di Hawaii dan “Bapak Surfing INTERNATIONAL  , ” Duke Kahanamoku Paoa lahir 24 Agustus 1890 di Honolulu , Hawaii ,Anak pertama dari enam putra dan tiga putri dari Duke dan Julia Kahanamoku . Dia dibesarkan di riang Waikiki dengan laut sebagai taman bermain nya , melakukan apa yang ia cintai – sebagian besar berenang , berselancar , kano dan bodysurfing .

Duke Kahanamoku merupakan legenda surfing asal Amerika di rayakan Google Doodle hari ini. Dalam mesin pencari terbesar itu menggunakan tema Duke Kahanamoku sebagai hari lahir yang bertepatan pada tanggal 24 Agustus. Duke Kahanamoku terdaftar sejumlah lima kali mencapai mendali emas di cabang renang juga sebagai wakil Amerika Serikat. Ia juga di kenal dengan nama “Kahuna Besar”, yaitu seseorang pria keturunan ningrat asal Hawaii.

Duke Kahanamoku yang muasalnya merupakan orang dari Hawaiilalu berpindah ke Amerika Serikat serta pernah membintangi sebagian film disana. Dengan langkah tersebut, ia bisa jalinan dengan beberapa orang supaya bisa mempublikasikan olahraga surfing. Duke Kahanamokuturut juga bergabung Los Angeles Athletic Club, melakukan tindakan juga sebagai lifeguard serta berkompetisi di ke-2 tim renang serta polo air.

Terlebih semasa kanak-kanak sampai mendapatkan berolahraga papan selancar atau surfing. Ia di besarkan di pantai Hawai. Disanalah ia belajar berenang sampai membuat prestasi. Terkecuali juara lomba yang diselenggarakan dengan cara resmi, Duke Kahanamoku juga pakar dalam soal papan surfing. Ia pernah membuat papan surfing terpanjang. Bahkan juga jadi sorotan media sesudah berhasil berdiri 3 jam diatas papan surfing air tawar.

Pada tanggal 14 Juni, 1925, Duke Kahanamoku mencatat momen dapat menyelamatkan nelayan yang kapalnya terbalik di Newport Beach California. Dengan melakukan surfing, Dua teman peselancar lain yang menenami Kahanamoku cuma dapat menyelamatkan 4 orang nelayan hingga cuma 17 orang yang tewas dibawa ombak. Kepala polisi Newport mengatakan usaha penyelamatan Kahanamoku dengan memakai selancar juga sebagai suatu aksi super penyelamatan dengan papan surfing yang pernah ada didunia.

Semua prestasi yang sudah ditorehkan Duke Kahanamoku, bukan hanya sebagai penyelamat, melainkan juga menjuarai beberapa event-event surfing dan poli air di masanya. Lumrah saja di hari lahirnya pada Senin (24/8/2015) Google memperingatinya dengan menempatkan doodle yang bergambar berwajah yang komplit dengan latar belakang pantai Hawaii serta logo papan selancar atau surfing juga sebagai background fotonya.