Mengatasi Tombol IDM Yang Tak Muncul Saat Unduh YouTube

53

mengunduh video Youtube adalah jalan alternatif saat menonton video secara online atau streaming, terkadang kita dibuat kesal karena harus menunggu buffering atau loading video. Namun yang sering menjadi masalah lagi adalah tombol download IDM yang tiba-tiba menghilang dari tampilan YouTube. Bagaimana cara memunculkannya lagi?

Yang paling penting, pastikan Anda update terlebih dahulu IDM-nya ke versi yang terbaru. Biasanya secara otomatis tombolnya bisa muncul lagi, tapi terkadang Anda juga perlu melakukan setting atau pengaturan. Jika cara tersebut tidak berhasil, coba gunakan langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser, masuk ke menu extension (Google Chrome) atau add-ons (Mozilla Firefox).
  • Setelah itu remove atau hapus add-ons/extension IDM di browser Anda.cara-memunculkan-tombol-download-idm-di-youtube-2
  • Selanjutnya Anda buka My Computer > Local Disk C > Program Files > Internet Download Manager. Lalu Anda cari file bernama “IDMGCExt.crx”.cara-memunculkan-tombol-download-idm-di-youtube-3
    • Masih tetap di halaman add-ons/extension browser Anda, kemudian drag file bernama “IDMGCExt.crx” ke halaman tersebut.
    • Jika muncul menu pop up, klik saja Add sampai terlihat keterangan bahwa ekstensi atau add-ons IDM sudah kembali terpasang di browser Anda.
    • Setelah itu coba buka lagi video YouTube yang ingin Anda download. Tunggu sampai loading halaman benar-benar selesai, dan Anda bisa melihat tombol download IDM sudah kembali lagi.

Demikian cara mengatasi Tombol IDM yang tak muncul saat unduh youTube atau Anda juga bisa mendapatkan ekstensi IDM versi terbaru dari situs resmi IDM. Kemudian load file tersebut di halaman Add-ons/Extension pada browser Anda dan install. Jika tidak ada error lain di sistem IDM atau browser Anda, cara tersebut pasti berhasil.