Takut Krismon, SBY Usulkan Pemerintah Muluskan Program Pro Rakyat - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Takut Krismon, SBY Usulkan Pemerintah Muluskan Program Pro Rakyat

on

Sapujagat.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, ekonomi Indonesia dalam posisi yang baik meski nilai tukar rupiah melemah. Apalagi penguatan dolar kali ini tidak ‘seliar’ waktu krismon.

“Ini kan beda, jelas kalau dulu lonjakannya (dolar AS) dari Rp 2.000 sampai Rp 15.000 bahkan Rp 18.000, lonjakannya ini beberapa kali lipat,” kata Jokowi.

Masyarakat mulai cemas dan takut krisis ekonomi yang terjadi tahun 1997 akan terulang lagi. Kecemasan yang mulai menghantui itu disampaikan oleh mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Sudah terasa secara psikologis, sudah terasa rakyat kita mulai cemas, mulai takut negara kita akan mengalami krisis lagi,” kata Susilo Bambang Yudoyono di Aula Hotel Grand Yasmin, Cipanas, Jawa Barat, Jumat malam (28/8).

Bukan hanya itu, menurut SBY, sebagian masyarakat bahkan kurang percaya terhadap kemampuan pemerintah mengatasi masalah ekonomi. Jika masyarakat sudah tidak yakin dengan kemampuan pemerintah mengatasi masalah ekonomi, SBY khawatir akan berdampak pada masalah sosial.

“Rakyat akan merasa ditinggalkan, merasa jadi korban, rakyat akan marah dan bisa melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik,” ucap Ketua Umum DPP Partai Demokrat tersebut.

Oleh karenanya, menurut SBY, untuk mencegah hal itu terjadi maka pemerintah harus menjalankan program-program pro rakyat. Lebih lanjut ia menginstruksikan kepada para kader Partai Demokrat, utamanya jajaran pengurus DPP termasuk anggota DPR dari Fraksi Demokrat, dan para kepala daerah dari partainya untuk ikut membantu pemerintahan Jokowi dalam memuluskan program-progran pro rakyat.

Recommended for you