Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Naikan Harga Sebesar 30 Persen

47

Sapujagat.com – Para pedagang hewan kurban sudah mempersiapkan kebutuhan berjualan, mulai dari tempat pakan, saluran air serta tempat bernaungnya hewan kurban.

Hewan kurban diperkirakan akan mengisi lapak-lapak sekitar dua sampai tiga hari lagi, menunggu kiriman dari berbagai daerah tiba di Bekasi.

Tidak hanya itu saja, para pedagang hewan kurban juga tengah bersiap menaikan harga jual ke kosumen. Seperti pedagang hewan kurban di wilayah Durenjaya, Ahmadi yang berencana akan menaikan harga jual sekitar 30 persen menjelang Hari Raya Idul Adha 1436 H.

“Dinaikan sampai 30 persen, permintaan tahun ini lumayan tinggi. Hewan kurbannya lumayan sulit kita belinya ke peternak, kita coba gak rugi jualan tahun ini ” ucap pria dengan logat Betawi ini.

Menurutnya, harga hewan kurban jenis kambing mulai Rp2.250.000 sampai Rp5 juta disesuaikan bentuk dan beratnya. Sapi juga mengalami kenaikan mulai harga Rp15,5 juta sampai Rp20 juta untuk Sapi Bali dan Sapi Jawa Rp18 juta sampai Rp40 juta.

Menurutnya, kondisi serupa juga dialami harga jual sapi di lapaknya dimana harga sapi Bali dijual Rp14,5 juta hingga Rp 20 juta per ekor dan sapi jawa Rp16,5 juta hingga Rp40 juta.

“Lumayan kenaikannya tahun ini, emang kondisinya juga gak menentu kondisi alam dan harga pakan yang tinggi,” ucapnya saat sedang membereskan lapak yang masih terlihat kosong.

Ahmadi juga menjelaskan, kondisi hewan kurbannya telah melalui seleksi kelayakan kosumsi dan dalam kondisi sehat. Sebelum dibawa ke Bekasi.

“Kan ada yang dari Jawa, saat masih di peternakan udah di seleksi sama pemerintah disana,” jelasnya.

Sesampainya nanti di Bekasi, hewan kurban akan diperiksa kembali saat di lapak mulai dari, mulut, mata, kuku, hidung dan bagian lainnya. Untuk memastikan hewan tersebut tidak membawa penyakit atau terserang penyakit di dalam perjalanan.

“Kalau dagang hewan kurban emang udah rutin dan faham dengan pemeriksaan hewan, insya Allah semua hewan sehat, dagang sekaligus ibadah,” ujarnya.