Tragedi Masjidil Haram, Inilah Video Crane Jatuh Menewaskan 107 Korban Jiwa Termasuk Dua Warga Negara Indonesia - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Tragedi Masjidil Haram, Inilah Video Crane Jatuh Menewaskan 107 Korban Jiwa Termasuk Dua Warga Negara Indonesia

on

Sapujagat.com – Diawali dengan angin kencang dan hujan deras, alat berat proyek (crane) di Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015) sekitar pukul 17.30 jatuh dan menewaskan 107 orang termasuk dua orang jemaah asal Indonesia dan 230 orang luka-luka.

Saat itu, para jemaah tengah melakukan persiapan shalat maghrib di masjid terbesar di Arab Saudi tersebut.

“Tiba-tiba, terdengar suara dentuman seperti petir,” cerita Azalzuli, jemaah Indonesia asal Medan, kepada TV One, Sabtu (12/9/2015).

tragedi masjidil haram

Zuli menceritakan, alat berat proyek tersebut jatuh dan menimpa lantai tiga tempat ibadah paling suci bagi umat Islam tersebut. Tak pelak, alat tersebut menimpa bangunan dan juga jemaah yang berada di sana.

“Lalu, semua jemaah berlarian. Ada yang tertimpa beton. Saya melihat ada anggota tubuh yang terputus,” ujarnya.

Seorang jemaah asal Medan, Sumatera Utara, dilaporkan sempat terinjak-injak.

Sesaat setelah itu, aparat Mekkah pun datang ke lokasi. Para jemaah yang selamat pun dilaporkan sempat mendekati lokasi kejadian dan memeriksa apakah ada anggota keluarga atau rekan yang turut menjadi korban.

Tim medis pun segera melarikan para korban tewas dan korban luka ke rumah sakit-rumah sakit terdekat. Di sana, mereka mendapatkan perawatan.

https://www.youtube.com/watch?v=IHt5qX1nTA8

Saat ini, lokasi Masjidil Haram telah disterilkan. Tak ada jemaah yang boleh beraktivitas di sana untuk sementara waktu.

Alat berat yang jatuh merupakan bagian pembangunan Masjidil Haram yang belum tuntas. Petugas menyampaikan, Masjidil Haram akan diperluas sekitar 400 ribu meter persegi agar lebih layak menampung 2,2 juta orang yang beribadah bersamaan.

Lebih dari tiga juta jemaah haji pada 2012 memenuhi Masjidil Haram. Mulai 2013 pemerintah Arab Saudi pun memutuskan mengurangi kuota dengan alasan keamanan.

crone jatuh tragedi masjidil haram

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara dengan jumlah jemaah haji yang cukup banyak. Jemaah Indonesia termasuk yang menjadi korban dalam tragedi jatuhnya alat berat di Masjidil Haram itu.

Diterangkan Syailendra Dharmakitir, Konjen RI di Jeddah kepada CNN Indonesia, dua warga negara Indonesia meninggal dan 30 lainnya luka berat serta ringan. Korban luka sedang dirawat di dua rumah sakit.

Menteri Agama Lukman Hakim yang lansung meluncur dari Jeddah ke Mekkah sudah menemui korban luka.

Sementara Presiden Joko Widodo yang baru datang dan langsung melakukan konferensi pers, diberitakan detikcom, tak bisa umroh dan mengunjungi lokasi kejadian karena masih sterilisasi dan pembersihan. Ia lantas meminta Lukman mengunjungi para korban.

https://www.youtube.com/watch?v=dfuSdCMEw1o

Recommended for you