Bingung Cara Daftar PUPNS 2015 ? Jangan Khawatir, Inidia Cara Mudahnya

37

Sebagian PNS gaptek (gagap teknologi), sehingga tidak mengetahui cara mendaftar PUPNS 2015. Kondisi ini mayoritas dialami PNS yang berusia 40 tahun ke atas. Tak jarang dari mereka terpaksa meminta bantuan anaknya untuk mendaftarkan diri di website PUPNS 2015.

Cara mendaftar online di website Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) 2015 sangat mudah. Namun, sebagian pegawai negeri sipil (PNS) masih tetap kebingungan. Pasalnya, sosialisasi cara daftar PUPNS 2015 sangat kurang.

Seperti diketahui, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mewajibkan seluruh PNS tanpa terkecuali untuk mendaftarkan diri di website PUPNS 2015. Jika tidak, status kepegawaiannya tidak diakui dan dinyatakan mengundurkan diri.

Berikut ini cara mudah daftar PUPNS 2015:

1. Kunjungi website pupns.bkn.go.id.

2. Setelah membuka website pupns.bkn.go.id, silahkan klik icon “Registrasi” di sudut kanan paling atas.

3. Selanjutnya, akan muncul 3 pilihan, yakni daftar, masuk, dan cek status. Anda klik icon “Daftar”.

4. Masukkan NIP Anda lalu klik “Cari”. Jika benar maka akan muncul nama lengkap Anda dan instansi daerah di mana Anda bertugas.

5. Selanjutnya, masukkan email aktif Anda pada kolom isian “Email” di paling bawah, kemudian klik “Lanjut”.

6. Masukkan password yang akan Anda gunakan untuk login pada aplikasi PUPNS 2015 nantinya, kemudian masukkan kembali di bawahnya dengan kode password yang sama seperti sebelumnya.

7. Isi kolom isian nama ibu Anda.

8. Pada kolom “Pertanyaan Pengaman”, Anda harus hati-hati dan memastikan tidak akan lupa. Ini penting karena pada bagian inilah yang digunakan sebagai kata kunci jika Anda lupa atau kehilangan “Kode Registrasi” ataupun untuk cetak ulang tanda bukti registrasi PUPNS 2015 di lain waktu.

9. Input kode chapta yang terlihat dengan benar kemudian klik “Registrasi”.

10. Jika pendaftaran berhasil, maka akan muncul halaman baru “Registrasi Sukses”, silahkan klik “Cetak”.

Dalam lembar contoh Tanda Bukti Pendaftaran PUPNS 2015 terdapat 2 bagian, satu untuk diserahkan kepada verifikator dan satunya lagi dipegang oleh PNS bersangkutan.

Beginilah tampilan isian yang muncul di website pupns.bkn.go.id. saat Anda melakukan registrasi PUPNS 2015:

Contoh-isian-saat-dalam-website-pupns.bkn_.go_.id_