Saksikan ! Pada Akhir September 2015 Akan Terjadi Gerhana Bulan Supermoon Merah

51

Supermoon atau bulan besar merupakan fenomena keadaan bulan secara penuh ketika posisi bulan berada dalam titik terdekat dengan bumi. Akibatnya, bulan akan terlihat lebih besar dari biasanya.

Sedangkan gerhana bulan merupakan peristiwa sejajarnya bulan dengan bumi dan matahari. Cahaya matahari tidak mampu mencapai bulan karena terhalang bumi.

Dari dua penjelasan itu, maka bulan berwarna merah akan terlihat sangat jelas dari bumi. Lalu darimana warna merah itu berasal? Bulan merah akan terjadi saat bumi berada di lintasan cakra lunar, lalu bulan akan masuk ke dalam sinar Matahari sehingga akan berubah dari warna jingga ke merah merona.

Peristiwa gerhana bulan supermoon ini hanya berlangsung lima kali sejak tahun 1910. Namun setelah itu, terjadi pada tahun 1928, 1946, 1964 dan 1982. NASA mengungkap, gerhana bulan Supermoon akan kembali terjadi pada tahun 2033.

Di akhir September 2015, warna bulan yang biasa kita lihat dengan warna putih akan berubah menjadi warna merah. The National Aeronautics and Space Administration (NASA) memberikan prediksi, gerhana bulan merah ini akan terjadi pada 27 September 2015.

Bagaimana bisa bulan berwarna merah? NASA menjelaskan, peristiwa bulan berwarna merah itu merupakan kombinasi astronomi langka antara terjadinya gerhana Bulan yang bertepatan dengan formasi Supermoon.