Kebakaran Hotel Jamaah Haji Karna Alat Penanak Nasi

39

Sapujagat.com – Kabar kurang megenakan datang dari Makkah. Hotel Jamaah Haji Indonesia terbakar akibat kelalaian dari jamaah haji asal Indonesia. Penyebabnya adalah saat jemaah haji asal Indonesia yang sedang menanak nasi dengan alat rice cooker.

Hotel yang terbakar berada di Pemondokan 403 wilayah‎ Aziziyah Utara Mekkah.

“Peristiwa kebakaran terjadi jam 23.30 di kamar nomor 810, penyebabnya adalah seorang Jamaah masak nasi dengan alat rice cooker lalu kelupaan dan ditinggal pergi ke masjid haram, dan kemudian terjadilah kebakaran,” kata Kepala Daerah Kerja Mekkah‎ pada Kementerian Agama RI, Arsyad Hidayat, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (17/9/2015).

Menurut Arsyad, meski insiden nahas itu tak menimbulkan korban di pemondokan itu, namun 1024 jemaah yang menghuni pemondokan tersebut harus dievakuasi ke pemondokan baru.

“Para jemaah saat itu juga langsung dievakuasi ke Hotel Holiday Inn dan tadi siang sudah dapat kembali ke Hotel asalnya. Sementara jamaah yang tinggal di lantai delapan (tempat kebakaran) dipindahkan ke hotel baru di wilayah Mahbas Jin. Karena jemaah belum sempat membekali diri, akhinya PPIH Arab Saudi memberikan makan siang kepada jemaah bersangkutan,” tuturnya.

Selain dua orang jamaah asal Solo yang mengalami sesak nafas, tidak ada korban lain dalam peristiwa yang terjadi di pemondokan yang menampung 1024 orang jemaah haji tersebut. Jamaah langsung dievakuasi ke Hotel Holiday Inn dan saat ini sudah dapat kembali ke hotel asal mereka.

Karena lantai delapan Hotel Sakaf masih belum boleh dihuni, jamaah yang tinggal di sana dipindahkan sementara waktu ke hotel baru di wilayah Mahbas Jin.