Warga Cile Berhamburan Saat Tsunami Mengancam, 1 Juta Orang Dievakuasi - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Warga Cile Berhamburan Saat Tsunami Mengancam, 1 Juta Orang Dievakuasi

on

Sapujagat.com – Peringatan tsunami segera dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Chile dan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik, AS.

Chile dan Peru menumumkan kondisi siaga tinggi, meskipun peringatan disebarkan ke seluruh daerah luas sampai Hawaii.

Gempa bumi 8,3 Skala Richter mengguncang pantai Chile pada Rabu, pukul 19.55 waktu setempat (Kamis 17/9, 05.55 WIB), sehingga mengetarkan bangunan di Ibu Kota Chile, Santiago, dan membuat orang berlarian ke jalan.

Gempa ini memicu proses evakuasi penduduk di kawasan pantai dan munculnya peringatan tsunami yang bahkan bisa mencapai wilayah Jepang.

Sedikitnya 5 orang meninggal dunia akibat bencana gempa itu dan 10 warga lainnya mengalami luka-luka. Saat gempa terjadi, ribuan penduduk berlarian ke jalan-jalan raya, meninggalkan rumah mereka di ibu kota Cile, Santiago. Gempa juga terasa di Argentina.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa di lepas pantai itu bermagnitudo 8,3. Menurut USGS, gempa terjadi pada titik yang berjarak 228 kilometer sebelah utara Santiago, kota berpenduduk 6,6 juta orang.

Gempa berlangsung pada pukul 19.54 waktu setempat dengan kedalaman 8 kilometer di bawah dasar laut. Pemantau gempa mencatat dua gempa susulan yang bermagnitudo di atas 6.

tsunami wilayah cile

Menteri Dalam Negeri Cile Jore Burgos menyatakan, evakuasi terhadap warga yang tinggal kawasan pantai dilakukan sebagai langkah pencegahan.

gempa di cile picu tsunami

Warga berhamburan

“Kami berlari meninggalkan bangunan tempat tinggal dan semuanya mulai bergerak dengan sangat kuat,” ujar penduduk Santiago, Pablo Cifuentes, kepada radio Cooperativa. Di kota pantai La Serena, menurut warga bernama Gloria Navarro, orang-orang berlarian ke berbagai arah tak menentu.

Dua korban tewas dalam bencana itu ialah perempuan yang tinggal di Illapel yang berdekatan dengan episentrum dan pria berusia 86 tahun di Santiago.

Ketakutan terhadap gempa juga terjadi di Argentina. “Kami panik dan lantai bergerak. Kami berlarian menuruni tangga,” ujar Celina Atrave (65) yang tinggal di bangunan 25 lantai di Buenos Aires, ibu kota Argentina.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii menyatakan, tsunami yang merusak bisa terjadi di sejumlah bagian pantai Cile. Gelombang ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 3 meter di atas permukaan laut pasang.

bencana alam di cile

Tsunami dapat mencapai Polinesia Perancis, Hawaii, dan California. Gelombang yang lebih kecil dapat pula mencapai Jepang dan Selandia Baru.

Pada April tahun lalu, gempa bermagnitudo 8,2 menghantam Cile utara dan menewaskan 6 orang. Pada tahun 2010, gempa bermagnitudo 8,8 juga menghantam negara itu. Sebanyak 500 orang meninggal dunia.

Recommended for you