Cara Ampuh Hilangkan Komedo Dalam Sekejap dan Mudah

43

Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saat dan setelah masa pubertas ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih.

Komedo terjadi karena efek dari perubahan hormon pada kelenjar kulit. Kelenjar ini adalah kelenjar sebaceous yang menghasilkan produk minyak yang disebut sebum. Beberapa jumlah sebum diperlukan untuk menjaga hidrasi kulit.

Komedo merupakan penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncul tonjolan kecil berwarna putih yang disebut whitehead dan yang berwarna hitam dikenal sebagai blackhead pada sekitar kulit atau wajah Anda. Terkadang komedo juga berwarna kekuningan.

Biasanya sasaran utama munculnya komedo yaitu pada wajah, area hidung dan sekitar mata. Komedo bisa berkembang menjadi jerawat yang dikenal sebagai papul atau pustule.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan komedo, seperti dilansir laman India Times, Jumat (18/9/2015).

1. Gunakan pembersih yang lembut 2 kali sehari dengan air hangat atau dingin.

2. Sebuah toner ringan atau air mawar bisa digunakan setelah membersihkan kulit.

3. Gunakan pelembab non-comedogenic pada wajah di malam hari.

4. Semua produk perawatan kulit yang digunakan termasuk tabir surya atau pelembab atau krim malam harus non-comedogenic. Botol biasanya diberi label sebagai non-comedogenic.

5. Krim yang mengandung benzoil peroksida, adapalene, tretinoin atau asam azaelic bisa diterapkan di seluruh wajah di malam hari. Paling baik dilakukan setelah konsultasi medis karena mungkin ada efek samping.

Mudah kan caranya ? semoga cara praktis ini dapat membantu menghilangkan komedo anda yah.