Waduh, Kartun Animasi “Little Krishna” Kena Teguran KPI - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Waduh, Kartun Animasi “Little Krishna” Kena Teguran KPI

on

Little Krishna adalah serial animasi komputer 3D (tiga dimensi) yang merupakan kreasi bersama antara BIG Animation dan The Heritage Foundation India (dipromosikan oleh ISKCON, Bangalore).

Little Krishna adalah hiburan dari Kepribadian Agung Ketuhanan, Batara Krishna. Cerita-cerita berputar di sekitar Little Krishna, tanah Vrindavan dan kehidupan penduduk desa di sana. Little Krishna adalah karakter nakal tetapi dicintai dan selalu membantu teman-temannya dan masyarakat desa.

Serial animasi “Little Krishna” yang ditayangkan di stasiun televisi swasta ANTV mendapat teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat. Teguran itu dilayangkan ke ANTV lantaran dalam tayangan “Little Krishna” pada 1 September 2015 lalu, ditemukan adegan kekerasan berupa pembacokan.

Dalam surat bernomor 973/K/KPI/09/15 yang dirilis pada Kamis (17/9/2015) lalu, pihak KPI Pusat pun menilai, muatan tersebut tidak dapat ditayangkan karena berpotensi memberikan pengaruh buruk pada anak-anak dan remaja yang menonton. “Program tersebut menayangkan adegan kekerasan berupa pembacokan.”

“KPI Pusat menilai muatan tersebut tidak dapat ditayangkan karena berpotensi memberikan pengaruh buruk pada anak-anak dan remaja yang menonton.”.

“Berdasarkan catatan kami, program tersebut telah mendapatkan Sanksi Administratif Teguran Tertulis Nomor 2159/K/KPI/09/14 tertanggal 18 September 2014.”

“Karena menayangkan adegan kekerasan fisik secara eksplisit dan masif.”

“KPI Pusat memutuskan untuk memberikan peringatan agar saudara kembali melakukan evaluasi internal.”

“Serta menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran. Demikian agar peringatan ini diperhatikan dan dipatuhi. Terima kasih,” dikutip dari kpi.go.id

Dalam tulisan tersebut stasiun televisi ANTV dinilai tidak memperhatikan ketentuan perlindungan anak-anak dan remaja.2.

Karena itu, KPI memberikan sanksi administratif teguran tertulis nomor 2159/K/KPI/09/14 tertanggal 18 September 2014. KPI Pusat berharap agar pihak ANTV segera melakukan evaluasi internal. Dan menjadikan P3 serta SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan program siaran.