Jejak Sukarno di Masjid Terbesar Eropa - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Jejak Sukarno di Masjid Terbesar Eropa

on

Sapujagat.com – Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan Masjid Agung Moskwa. Putin mengajak umat Muslim ikut melawan ekstremisme yang mana saat ini sekitar 2.400 pasukan Rusia berperang melawan ISIS.

Rusia saat ini memiliki sekitar 20 juta umat Muslim. Selain memerangi ISIS, Rusia juga masih berseteru dengan kelompok Chechen yang mayoritas Muslim.

Dalam meresmikan masjid yang berarsitektur dari batuan ringan itu, Putin meminta Rusia memberikan edukasi kepada para pemuda Muslim untuk menjauh dari perbuatan ekstremisme yang berdasarkan agama.

“Acara ini sangat penting, saat banyak pihak yang menggunakan agama sebagai dasarnya berpolitik,” kata Putin.

Masjid Agung Moskwa itu disebut menghabiskan sekitar 170 juta dollar AS.

Ada yang menarik dalam peresmian Masjid Agung Moskow atau Moskovskiy Soborniy Mecet oleh Presiden Vladimir Putin, Kamis, 24 September 2015. Selain ekseterior dan interior mewah masjid, yang membuat haru Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun adalah diputarnya film dokumenter sejarah masjid itu yang menayangkan, kunjungan Presiden Soekarno ke masjid itu pada 1959.

“Saya terharu dan bangga, karena sempat diputar film kunjungan Presiden Sukarno ke masjid ini,” kata Djauhari dalam keterangan tertulis yang dirilis Kedutaan Besar Republik Indonesia di Moskow, Kamis, 24 September 2015. Menurut Djauhari, semua hadirin termasuk Putin, terpaku menyaksikan tayangan itu. “Ini membuktikan bahwa jejak-jejak Presiden Sukarno ternyata masih ada dan dihargai di sini.”

Recommended for you