Tragedi Haji, 310 Jemaah Haji Tewas Terinjak Saat Lempar Jumrah di Mina

60

Sapujagat.com – Stasiun televisi Arab Saudi, Al-Ekhbariya melaporkan seperti yang dilansir laman Reuters bahwa setidaknya ratusan jemaah haji tewas terinjak pada Kamis (24/9/2015), dalam sebuah kecelakaan di Mina, di luar kota suci Mekah saat dua juta jemaah lainnnya sedang melakukan ibadah haji tahunan.

1638544mina-1780x390

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil menjelaskan kronologi penyebab insiden yang terjadi di Mina, Kamis (24/9/2015). Menurut Djamil, peristiwa terjadi di Jalan 204 saat rombongan haji melakukan prosesi lempar jumrah di Mina. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

“Ada serombongan jemaah haji yang jalan, tiba-tiba berhenti. Berdesakan, didesak dari belakang,” kata Abdul Djamil, seperti dikutip dariĀ Kompas TV.

Members of Saudi civil defense try to rescue pilgrims following a crush caused by large numbers of people pushing at Mina, outside the Muslim holy city of Mecca in this handout picture published on Twitter account of the Directorate of the Saudi Civil Defense September 24, 2015. REUTERS/Directorate of the Saudi Civil Defense/Handout via Reuters

Saat ini, menurut Djamil, Kemenag masih belum mengetahui apakah ada korban insiden itu yang berasal dari Indonesia. “Sudah digerakkan petugas operasi di Arafah dan Mina untuk menuju TKP (tempat kejadian perkara). Untuk mencari tahu menyangkut jemaah haji kita,” ucap Djamil.

jemaah lempar jumrah

Tim Pertahanan Sipil Arab Saudi mengatakan jumlah korban tewas dalam tragedi di Mina, Kamis (24/9/2015), 310 orang, dan 450 orang luka-luka. Dari ratusan yang tewas itu, ratusan korban berada di jalan 204 di Mina, beberapa kilometer sebelah timur Mekkah.

Di lokasi ini sekitar 2 juta jemaah haji dari seluruh dunia berkumpul di saat berlangsung puncak ibadah haji.

jemaah haji

Dilansir Reuters, Kamis (24/9/2015), ziarah tahunan ini telah menimbulkan beberapa kali insiden di Mina. Di lokasi ini pernah terjadi insiden desak-desakan di antara jemaah haji.

Insiden terbesar saat melakukan lempar jumrah di Jamarat, sebanyak 346 jemaah haji tewas tahun 2006.