Saksi Hidup Jemaah Nigeria : ‘Itu Sangat Mengerikan!’

48

Sapujagat.com – Stasiun televisi Arab Saudi, Al-Ekhbariya melaporkan seperti yang dilansir laman Reuters bahwa setidaknya ratusan jemaah haji tewas terinjak pada Kamis (24/9/2015), dalam sebuah kecelakaan di Mina, di luar kota suci Mekah saat dua juta jemaah lainnnya sedang melakukan ibadah haji tahunan.

Korban tewas dalam musibah di Mina meningkat menjadi 717 orang. Korban luka juga meningkat menjadi lebih dari 800 orang. Mereka tewas dan terluka saat berdesakan di jalan menuju tempat pelemparan jumroh, 24 September 2015.

Jemaah asal Nigeria bernama Ismail Hamba masih terguncang setelah peristiwa yang terjadi pada Kamis, 24 September tersebut. Dikatakan pria berumur 58 tahun itu, dirinya tengah dalam perjalanan untuk melemparkan jumrah ketika tiba-tiba aksi dorong terjadi. Dia pun tiba-tiba merasa pusing dan tubuhnya tersungkur ke tanah.

“Dengan rahmat khusus Allah … seorang pemuda menyelamatkan saya,” kata Hamba di sebuah klinik kecil di lokasi kejadian seperti dilansir News.com.au, Jumat (25/9/2015).

Dikatakannya, dirinya tidak tahu bagaimana dia bisa selamat dalam peristiwa mengerikan itu.

“Itu mengerikan. Itu sangat, sangat mengerikan,” tutur Hamba yang saat ini menunaikan ibadah haji untuk kedua kalinya.

Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Nayef memerintahkan investigasi terhadap tragedi Mina yang juga melukai lebih dari 800 orang itu. Tragedi ini terjadi saat para jemaah haji berdesak-desakan untuk prosesi ibadah lempar jumrah.

Temuan investigasi terhadap kejadian ini akan diserahkan kepada Raja Salman. “Raja akan mengambil langkah yang diperlukan,” demikian disampaikan Mohammed bin Nayef seperti dikutip kantor berita resmi Saudi, Saudi Press Agency (SPA).

Terkait peristiwa ini, Menteri Kesehatan Saudi, Khaled al Faleh menyalahkan ketidakdisiplinan jemaah yang tak mematuhi instruksi. Dia pun berjanji investigasi akan dilakukan secara transparan.

https://youtu.be/Q2Fs6HFHi5A