Sorong di Guncang Gempa 6,8 SR, Beberapa Rumah Rusak dan Warga Berhamburan - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Sorong di Guncang Gempa 6,8 SR, Beberapa Rumah Rusak dan Warga Berhamburan

on

Sapujagat.com – Warga Sorong di Provinsi Papua Barat panik dengan guncangan gempa bumi berkekuatan 6,8 skala richter Jumat (25/9) dinihari pukul 01.06 WIT. Gempa bumi berkekuatan 6,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kota Sorong, Papua Barat. Beberapa rumah warga dilaporkan rusak akibat gempa ini.

“Warga panik dan keluar rumah karena takut bangunan rumah ambruk akibat gempa selama 10 menit itu,” kata Aufrida Marisan Warga Wosi Kabupaten Manokwari , Jumat.

Gempa tersebut terjadi sekitar pukul 22.53 WIB, Kamis (23/9/2015). Gempa terjadi di 31 kilometer dari Kota Sorong pada kedalaman 10 kilometer.

“Saat terjadi gempa pertama warga panik dan semua keluar rumah, karena guncangannya kencang,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik Badab Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sorong Burhanudin saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (25/9/2015).

Burhanudin mengatakan sempat terjadi beberapa kali gempa susulan, namun tidak kencang. Akibat kejadian ini, sejumlah rumah dilaporkan mengalami kerusakan. Burhanudin belum mendapatkan adanya laporan korban luka ataupun jiwa.

“Ada warga yang melaporkan rumahnya rusak. Ada yang roboh dapurnya, ada yang retak rumanya. Kita akan cek. Untuk korban jiwa atau luka kita belum terima laporan. Pagi ini saya cek lagi,” katanya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Manokwari Deny Putirai yang dikonfirmasi Antara mengatakan lokasi gempa 0.59 LS dan 131.27 BT yang berjarak 31 kilo meter di timur laut Kota Sorong, Papua Barat.

“Kedalaman gempa 10 km tidak berpotensi tsunami namun masyarakat di sekitar pusat gempa diminta untuk waspada kemungkinan terjadinya gempa susulan,” ujarnya.

Dia menambahkan, gempa 6.8 SR sangat terasa di Manokwari, ibukota Provinsi Papua Barat, sebab jarak dengan Kota Sorong pusat gempa sangat dekat.

Recommended for you