Inspirasi Bentuk Teras Rumah Minimalis

75

Rumah minimalis pada dasarnya memiliki desain minimalis dengan memaksimalkan pemanfaatan ruang. Mulai dari teras depan rumah hingga di dalam kamar, semua ruangan memiliki ruang yang terbatas dan tidak terlalu luas. Oleh sebab itu diperlukan sebuah pemikiran dan desain yang matang dalam pembuatan rumah minimalis. Setiap sudut ruangan yang akan dibuat harus memiliki efektifitas fungsi yang maksimal. Dimulai dari depan rumah, sekecil apapun rumah minimalis saat ini pasti menyediakan teras di depan rumah.

Teras adalah bagian dari sebuah rumah yang letaknya paling luar. Sebelum seseorang memasuki rumah kita, terlebih dahulu berada di dalam teras. Meskipun letaknya di luar rumah, namun desain dan bentuk teras rumah minimalis perlu diperhitungkan dan dipertimbangkan matang-matang.

Ada beberapa pilihan bentuk teras rumah minimalis yang dapat anda terapkan pada rumah minimalis anda. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya :

  • Teras Rumah Minimalis Sederhana

Bentuk teras rumah minimalis yang pertama adalah teras rumah minimalis sederhana. Dilihat dari namanya saja sudah dapat diketahui bentuk dari teras rumah minimalis ini. Teras dengan bentuk yang sederhana, tanpa banyak sentuhan hiasan dan pola. Namun perlu diperhatikan dalam pembuatan teras rumah minimalis sederhana ini, anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan keramiknya. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah mengenai motifnya. Mengenai motif, cobalah pilih keramik dengan motif sesederhana mungkin. Atau anda dapat menggunakan keramik tanpa motif atau polos. Selain motif, pilih juga keramik yang memiliki tekstur tidak licin. Hal ini untuk mendukung segi keamanan pada teras anda.

 

  • Teras Rumah Minimalis Modern

Ada berbagai jenis rumah minimalis saat ini, mulai dari yang sederhana, klasik, hingga modern. Meskipun sebenarnya rumah minimalis lebih memiliki kesan modern dengan model yang sederhana. Begitu juga dengan teras rumah, pembangunan teras rumah biasanya menyesuaikan dengan gaya rumah itu sendiri. Dalam rumah minimalis modern, teras rumah dibuat lebih masuk ke dalam, bedanya tidak ada dindingnya. Masih lebih dominan menggunakan keramik dengan warna polos dan bertekstur. Pemilihan warna tergantung dari keseluruhan warna rumah itu sendiri, namun biasanya menggunakan warna putih atau hitam.

 

  • Teras Rumah Minimalis menggunakan perpaduan warna

Bentuk teras rumah minimalis pada umumnya hampir sama, yang membedakan adalah pemilihan warna keramiknya. Pada teras minimalis tentu luas terasnya tidak terlalu besar, oleh sebab itu lebih sering menggunakan warna keramik dengan satu warna yang polos untuk menambah kesan luas. Namun menggunakan perpaduan warna keramik yang sesuai dapat menambah kesan cantik pada teras rumah minimalis anda. Misalnya menggunakan perpaduan warna putih dengan sedikit warna hitam atau lain sebagainya. Akan tetapi jangan terlalu berani memainkan warna.

Demikian adalah sedikit informasi mengenai bentuk teras rumah minimalis, tentu anda dapat berinovasi mengenai hal ini. Beberapa contoh di atas hanya sebagai referensi saja untuk anda. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.