Penyebab Munculnya Jerawat Yang Jarang Diketahui

Jerawat adalah masalah kulit yang kerap membuat seseorang menjadi bad mood, apalagi untuk seorang remaja yang selalu aktif dalam kegiatan. Jika muncul jerawat pasti aktivitasnya menjadi terganggu dan tidak percaya diri saat tampil di depan umum, atau saat hang out bersama teman-teman. Penyebab munculnya jerawat yang paling utama yaitu karena tersumbatnya pori-pori kulit yang dapat menimbulkan nanah. Faktor lain yang dapat menimbulkan jerawat banyak sekali, berikut diantaranya :

  • Kuman dan bakteri

Jerawat disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang tersumbat di pori-pori kulit. Bakteri ini disebut dengan propionibacterium acnes, bakteri ini akan berkembang biak di dalam kelenjar yang dinamakan jerawat.

 

  • Perubahan hormon

Seseorang yang semakin tumbuh dewasa akan mengalami perubahan hormon pada tubuhnya, khususnya seseorang yang sudah pubertas sangat rawan sekali terkena jerawat. Seorang yang mengalami menstruasi sering sekali terkena jerawat, hal ini dikarenakan perubahan hormon yang merangsang kelenjar minyak pada kulit. Perubahan hormon yang lain yaitu karena stres, kehamilan, dan penggunaan pil KB.

 

  • Produksi minyak yang berlebih

Gangguan pada kelenjar minyak di kulit menyebabkan produksi minyak berlebihan yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat dan timbul jerawat.

 

  • Kurang menjaga kebersihan wajah

Setelah melakukan aktivitas sehari-hari kulit akan terkena keringat, debu, serta polusi. Jika setelah selesai melakukan aktivitas kemudian tidak membersihkan wajah, maka bakteri dan kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori kulit yang berakhir pada jerawat. Sisa kosmetik yang masih menempel pada kulit dan tidak segera dibersihkan juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Untuk itu, setelah melakukan aktivitas sebaiknya cuci atau bersihkan wajah menggunakan sabun wajah. Untuk kosmetik bersihkan saat menjelang tidur menggunakan susu pembersih dan toner.

 

  • Sel kulit mati

Sel-sel kulit mati pada wajah yang menumpuk dan tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan jerawat. Apalagi saat sel-sel kulit mati ini bercampur dengan minyak yang ada pada kulit, maka jerawat semakin mudah untuk timbul. Sebaiknya secara rutin gunakan masker untuk mengangkat sel kulit mati, seperti masker dari beras, bengkoang, dan lainnya.

 

  • Kondisi Iklim

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki iklim tropis, di mana sinar matahari akan ada setiap harinya. Hal ini menyebabkan udara menjadi panas yang memicu produksi minyak menjadi berlebih, serta membuat kulit menjadi lembap dan berminyak. Dalam kondisi seperti ini , sebaiknya anda senantiasa menjaga kebersihan kulit. Mandi minimal dua kali sehari serta rajin membasuh wajah dua kali sehari agar terhindar dari jerawat.

 

  • Faktor makanan

Makanan ternyata juga mampu menjadi penyebab munculnya jerawat. Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum susu secara berlebihan mampu memicu timbulnya jerawat. Hal ini karena minum susu secara berlebihan akan meningkatkan hormon yang dapat menyumbat kelenjar sebaceous, sehingga timbul jerawat. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti cokelat, teh, dan kopi secara berlebihan juga dapat meningkatkan produksi hormon yang menimbulkan jerawat. Makanan yang mengandung yodium seperti ikan laut dan kerang juga berpotensi menimbulkan jerawat.

Makanan yang mengandung gula berlebih juga dapat meningkatkan produksi hormon yang berakibat pada timbulnya jerawat. Untuk itu sebaiknya kurangi makanan yang banyak mengandung gula serta pemanis buatan, karena selain menimbulkan jerawat juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Buah-buahan serta sayuran yang sifatnya asam seperti wortel, mentimun, selada, dan jeruk dapat memicu timbulnya jerawat.

Itulah beberapa faktor penyebab munculnya jerawat yang jarang diketahui. Ada baiknya jika kita menghindari faktor yang dapat menimbulkannya agar senantiasa terhindar dari jerawat. Semoga bermanfaat.

 

Agen Poker