Wow.. Inilah Tempat-Tempat Penemuan Air di Planet Mars - Infotainment News Online Terkini

JagatDunia

Wow.. Inilah Tempat-Tempat Penemuan Air di Planet Mars

on

Sapujagat.com – Para ilmuwan menemukan tanda-tanda adanya keberadaan air di planet merah Mars. Penemuan ini menambah spekulasi mahluk hidup dapat bertahan di planet ini

Dilansir dari TIME, Senin (28/9/2015), laporan penemuan ini dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature Geoscience. Dalam jurnal itu disebutkan ada sejenis ‘melokul air-garam dari jenis perklorat’.

Sementara itu, dalam situs NASA, disebutkan bahwa NASA Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) memberikan bukti kuat adanya air cair yang mengalir sedikit demi sedikit di Mars saat ini. Dengan menggunakan spektrometer pencitraan pada MRO, peneliti mendeteksi tanda dari mineral yang terhidrasi pada lereng di mana adanya garis misterius yang terlihat di planet merah tersebut.

Garis garis tersebut terlihat mengalir dari waktu ke waktu. Garis misterius itu terlihat gelap serta terlihat mengalir ke lereng yang curam selama musim hangat, dan kemudian memudar di musim dingin. Fenomena ini muncul di beberapa lokasi di Mars saat suhu berada di atas 23 derajat celcius dan akan menghilang pada suhu yang lebih dingin lagi.

“Pencarian kita di Mars untuk ‘mengikuti air,’ dalam pencarian kehidupan di alam semesta, dan sekarang kami memiliki ilmu yang meyakinkan untuk memvalidasi apa yang kita sudah lama dicurigai,” kata seorang astronot dan Asosiasi Administrator Sains NASA, John Grunsfeld.

“Ini adalah perkembangan yang signifikan, seperti muncul untuk mengkonfirmasi adanya air -meskipun asin-. Mengalir saat ini di permukaan Mars,” sambungnya.

Karna Air bersifat asin, sehingga mereka masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyimpulkan apakah ia mendukung kehidupan atau tidak.Berikut beberapa lokasi penemuan air di planet Mars.

1. Kawah Hale
Garis-garis hitam yang gelap, sempit dan membentang sejauh 100 meter yang mengalir menuruni bukit di Mars ini terbentuk oleh aliran air yang mengalir pada saat ini. Sementara warna biru menunjukkan kehadiran mineral piroksin.mars1

2.Kawah Horowitz
Garis-garis hitam pada puncak bukit ini dibentuk oleh aliran air. Hal ini sejalan dengan temuan garam terhidrasi di Mars oleh Ilmuwan NASA.
mars4

3. Garis-garis di bukit ini juga merupakan salah satu bukti air asin masih mengalir di Mars saat ini.
mars4
4. Lagi, garis-garis hitam ini menunjukkan jejak aliran air, tepatnya di daerah ekuator Mars.mars5

Recommended for you