Istana Kibarkan Bendera Setengah Tiang Demi Peringati 50 Tahun G30SPKI - Infotainment News Online Terkini

JagatNews

Istana Kibarkan Bendera Setengah Tiang Demi Peringati 50 Tahun G30SPKI

on

Hari ini, 50 tahun yang lalu, tepatnya pada 30 September 1965 terjadi gerakan yang sangat mengkhawatirkan, penghianatan yang dilakukan oleh gerakan G30S PKI ini memicu adanya pergejolakan nasional.

Hari ini, Rabu 30 September 2015, bendera Merah Putih berkibar setengah tiang di depan Istana Negara, Jakarta. Dan pada hari ini juga bertepatan dengan 50 tahun G30SPKI.

Dikutip dari situs resmi setkab.go.id, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno melalui surat edaran tertanggal 25 September 2015 itu, Pratikno mengumumkan pengibaran bendera setengah tiang pada 30 September 2015, dan pengibaran bendera satu tiang penuh pada 1 Oktober 2015 pukul 06.00 WIB.

Dalam surat edaran itu, juga menyebutkan perihal Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2015 secara nasional, upacara akan dipusatkan di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Jakarta Timur.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan sebagai Inspektur upacara, dan yang akan bertindak sebagai pembaca teks Pancasila Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, sedangkan komandan upacara Kapolresta Depok Kombes Pol Dwiyono.

Adapun Pembacaan Naskah Pembukaan UUD ’45 dilakukan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman, Pembacaan dan Penandatanganan Ikrar oleh Ketua DPR RI, Setya Novanto.

Pembacaan Naskah Doa direncakan oleh Menteri Agama Lukman Hakim, namun hingga kini Menteri Lukman masih ada di Arab Saudi untuk mengurus korban tragedi Mina.

Surat edaran tersebut ditujukan kepada Pimpinan Lembaga Negara, para menteri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Gubernur Bank Indonesia, para pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian, para gubernur, bupati, dan wali kota.

Disebutkan, bahwa tema Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yakni “Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila”.

Recommended for you