Palestina Bersuka Cita Karna Benderanya Berkibar di PBB

58

Sapujagat.com – Bendera Palestina kini bersanding dengan 193 bendera dari anggota PBB lainnya bersama Vatikan yang memiliki status sama sebagai negara pengawas non anggota.

Sekjen PBB Ban Ki-moon menyambut peristiwa bersejarah ini. “Ini hari kebanggaan bagi warga Palestina di seluruh dunia. Ini hari harapan. Ini pengingat bahwa simbol-simbol itu penting,” ujar Ban seperti dilansir The Guardian, Kamis (1/10/2015).

“Semoga pengibaran bendera ini meningkatkan harapan di kalangan warga Palestina dan komunitas internasional bahwa status negara Palestina bisa dicapai,” imbuh pemimpin badan dunia itu.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut pengibaran bendera ini sebagai sebuah pertanda. “Hari berkibarnya bendera di atas negara Palestina akan segera tiba. Di atas Yerusalem, ibukota negara Palestina kami,” tutur Abbas.

Dalam upacara simbolis pengibaran bendera yang dipimpin Ban tersebut, Abbas menyerukan agar PBB juga memberikan status keanggotaan penuh bagi Palestina, di tengah kebuntuan proses perdamaian dengan Israel.

Dalam pemungutan suara di Majelis Umum PBB pada pertengahan September lalu, diputuskan bahwa bendera Palestina bisa dikibarkan di kantor pusat PBB, meski statusnya masih sebagai pengamat, bukan negara anggota PBB.