Setelah Menyerahkan Diri, Farhat Abbas Resmi Ditahan !

40

Farhat Abbas menjalani serangkaian pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus pencemaran nama baik yang dilaporkan Ahmad Dhani. Namun, Farhat Abbas yang menjalani serangkaian pada Kamis (1/9/2015) tidak langsung ditahan. Pasalnya, Farhat Abbas dianggap cukup kooperatif dalam melakukan serangkaian pemeriksaan.

Pengacara Farhat Abbas mendatangi Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan setelah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO). Meski datang setelah DPO, Farhat Abbas tidak langsung dipenjara. Dia hanya berstatus tahanan kota selama 20 hari ke depan.

“Kami JPU menerima penyerahan tersangka atas nama Robby Abbas bin Abbas Said. Yang bersangkutan didakwa melanggar pasal 45 ayat 1 dan pasal 27 ayat 3 tentang UU ITE. Kami lakukan penuntutan jenis tahanan kota 20 hari sampai 20 oktober 2015. Alasannya yang bersangkutan kami anggap kooperatif, ada penjamin dan permohonan,” ujar Kepala Seksi Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Candra, Kamis (1/10).

Selain kooperatif, Farhat Abbas juga mengajukan penangguhan penahanan dengan jaminan pengacara dan bapaknya.

Sementara itu, Farhat Abbas mengaku bersyukur karena pengajuan penangguhan penahanan telah diterima oleh Kejari Jakarta Selatan.

Farhat Abbas tetapi bersikukuh tidak bersalah dalam kasus pencemaran nama baik yang yang dilaporkan Ahmad Dhani.

“Hukum harusnya proporsional, saya bersyukur hari ini tidak ditahan di penjara. Saya harus bersyukur tidak ditahan. Kalau nanti saya sampai ditahan, ini bisa jadi pelajaran dan kemungkinan Dhani juga bisa merasakan ini,” ujar Farhat Abbas.