Pengunjung Ketakutan Saat Jembatan Kaca Tertinggi di Dunia Retak

146

Sapujagat.com – Bagaimana jika Anda berada di tengah jembatan kaca sepanjang 300 meter, sementara 180 meter di bawahnya adalah jurang ?  Bagaimana kalau kaca jembatan itu ternyata retak?

Pengunjung jembatan kaca di Yuntaishan Scenic Park, Tiongkok, Senin (5/10), ketakutan, panik.  Sebab, jembatan gantung kaca setinggi 1.080 meter di atas permukaan laut yang mereka lewati itu retak. Pengunjung yang didominasi turis lokal tersebut panik dan berhamburan.

”Baru saja menyaksikan momen bersejarah. Jembatan kaca Yuntaishan retak,” tulis salah seorang pengguna Weibo.

jembatan kaca di china

”Saat mendekati ujung jembatan, saya mendengar suara benturan yang keras dan kaki saya bergetar. Saya menunduk dan melihat kaca di bawah saya pecah,” tambahnya.

“Saya menyaksikan momen bersejarah jembatan kaca Yuntaishan retak, ketika saya hampir sampai di ujung jembatan saya mendengar suara retakan keras, dan membuat konstruksi di bawah kaki saya bergoyang,” ujar netizen bernama Li Dong Hai Shou Chi Zha Ni Hao Wo De Ai, seperti dikutip dari AsiaOne dari Apple Daily, Rabu (07/10/2015).

Ia mengaku tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab retak di konstruksi kaca tersebut, namun ketika hal itu terjadi para pengunjung panik.

Retaknya sebagian kaca tersebut bukan tanpa sebab. Ternyata itu terjadi setelah seorang turis usil menjatuhkan cangkir stainless steel di atasnya. Hal tersebut diungkapkan seorang juru bicara biro pariwisata Gunung Yuntai.

permukaan jembatan tersebut terbuat dari tiga lapis panel kaca khusus yang keras. Setiap satu meter persegi mampu menahan beban 800 kilogram. ”Retakan itu hanya di permukaan pertama dan tidak akan mengancam keselamatan,” ujar pengelola Yuntaishan Scenic Park.

Jembatan kaca tersebut baru dibuka pada 20 September lalu dan diharapkan mampu menarik banyak turis. Akibat insiden ini, jembatan kaca tertinggi di dunia itu ditutup sampai waktu yang belum ditentukan.