Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami

51

Cara mencegah timbulnya jerawat memang butuh kesabaran yang cukup tinggi, karena tidak serta merta mencegah jerawat dalam satu hari menjamin jerawat tidak akan muncul kembali. Jerawat disebabkan oleh berbagai faktor seperti hormon, makanan yang di konsumsi, kebersihan diri sendiri dan lingkungan, olahraga yang kurang, cuaca serta udara yang tidak mendukung, dan masih banyak yang lainnya. Bertambahnya usia seseorang dapat meningkatkan kadar hormon di dalam tubuhnya, sehingga memicu timbulnya jerawat khususnya pada remaja yang sedang mengalami masa pubertas. Berikut beberapa cara mencegah timbulnya jerawat yang bisa dilakukan :

  • Menjaga Konsumsi Makanan

Makanan yang di konsumsi sebaiknya harus bergizi seimbang agar dapat terhindar dari jerawat. Makanlah makanan yang banyak mengandung nutrisi untuk kulit yaitu seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin D yang dapat Anda temukan pada buah-buahan serta sayuran seperti alpukat, jeruk, wortel, dan yang lainnya. Makan makanan yang banyak mengandung omega 3 dan antioksidan juga dapat mencegah timbulnya jerawat. Makanan tersebut biasanya kita jumpai pada ikan salmon, teh hijau, blueberry, dan masih banyak lagi lainnya.

 

Hindari makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat seperti makanan yang banyak mengandung gula, lemak, dan yodium. Boleh makan makanan yang mengandung zat tersebut, akan tetapi syaratnya tidak boleh berlebihan. Misalnya saja dalam menu makanan dalam sehari Anda makan gorengan, teh manis, cokelat, rendang, serta kurang minum air putih. Jika hal tersebut dibiarkan maka Anda akan cepat mempunyai jerawat. Selain itu makanan tersebut juga dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh Anda yang dapat berakibat pada diabetes. Melihat kondisi tersebut sebaiknya mulai sekarang hindari makanan yang banyak mengandung lemak dan gula serta yodium agar terhindar dari jerawat serta penyakit yang lainnya seperti diabetes.

 

  • Menjaga Kebersihan

Cara mencegah timbulnya jerawat ini seringkali diabaikan. Kebersihan yang kurang dari seorang individu seringkali memudahkan jerawat untuk timbul. Kebersihan yang kurang terjaga seperti tidak mencuci muka, dan tidak membersihkan minyak serta keringat yang menempel di wajah. Keringat serta minyak pada wajah yang tidak segera dibersihkan akan mengundang bakteri untuk berkembang biak dan menyumbat pori-pori kulit sehingga timbul jerawat.

 

Seseorang yang tidak ingin memiliki jerawat atau masalah kulit lainnya sebaiknya menjaga kebersihan kulit dengan mandi setiap hari minimal 2 kali sehari. Mencuci muka menggunakan sabun muka minimal 2 kali sehari. Membiarkan make up tidak dibersihkan juga dapat menimbulkan jerawat. Untuk itu sebaiknya bersihkan wajah dari make up menggunakan susu pembersih dan toner agar menghindari timbulnya jerawat.

 

  • Olahraga

Jika Anda juga kurang olahraga, maka dapat berisiko besar terkena jerawat. Dengan olahraga tubuh kita akan bugar serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang prima maka kita akan terhindar dari bakteri atau pun kuman yang dapat menimbulkan jerawat. Olahraga juga dapat mengeluarkan keringat yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

 

Selain itu olahraga juga dapat membuat perasaan seseorang menjadi senang, sehingga rasa stres pun akan hilang. Perlu diketahui bahwa stres dapat memicu timbulnya jerawat. Olahraga seperti basket, lari, jogging, senam, bersepeda dapat Anda pilih sebagai alternatif.

 

  • Cuaca

Cuaca yang panas juga dapat meningkatkan risiko terkena jerawat. Untuk Indonesia sendiri adalah negara tropis yang selalu mendapat sinar matahari setiap harinya. Dengan kondisi yang panas tersebut akan meningkatkan jumlah keringat yang keluar. Cara mencegah timbulnya jerawat yang bisa anda lakukan yaitu dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun anti bakteri. Selain itu setelah berkeringat sebaiknya ganti baju untuk menghindari lembap serta kuman berkembang biak.Semoga bermanfaat.