Heboh Pramugari Dimasukkan Bagasi, Ini Komentar Netizen

42

Sapujagat.com – Perlakuan para awak kapal yang bekerja di Kunming Airlines, Provinsi Yunnan, China ini mendadak jadi perbincangan netizen di sana. Sebab, kebiasaan aneh ini dinilai merendahkan kaum perempuan. Bagaimana tidak, ritual tersebut mengharuskan seorang pramugari berbaring di dalam ruang bagasi yang terletak di atas kursi penumpang.

Saat ditanyakan pada pihak Kunming Airlines, mereka mengaku kalau ritual itu hanyalah sebuah permainan yang tak perlu dibesar-besarkan. Sebab, menurut mereka ritual itu hanya dilakukan pada pramugari yang berhasil bekerja mencapai target jam terbang 30 hingga 50 jam dalam satu minggu.

Diterbitkan di media sosial WeChat, foto-foto tersebut kemudian menjadi alasan untuk mengkritik ritual tindakan kepada pramugari junior dalam industri penerbangan.

Komentar yang mendampingi foto menyebutkan awak kabin dipaksa masuk ke dalam bagasi kabin oleh staf keamanan saat menyelesaikan tugas 30 sampai 50 jam layanan sebagai bagian dari ritual industri penerbangan di China.

Kunming Airlines sudah mengeluarkan pernyataan akan menyelidiki masalah tersebut.

Ditambahkan bahwa insiden terjadi setelah awak menyelesaikan tugasnya dan keselamatan penerbangan tidak terpengaruh.

Mereka juga mengaku tidak pernah mendapat keluhan dari para awak kabin.

“Perusahaan memberi perhatian yang tinggi atas insiden ini dan akan mencegah untuk terulang kembali.”

Stasiun TV pemerintah China dalam pesan Facebook-nya mengatakan banyak awak kabin perempuan yang terganggu dengan ‘ritual’ ini namun tetap melaksanakannya karena khawatir ‘dikucilkan’ oleh para awak senior.

Sejumlah pengguna internet juga menyampaikan kemarahan atas ritual ini.

“Pramugari sudah cukup berat menghadapi penumpang yang sulit dan jadwal penerbangan yang tidak teratur. Bayangkan mereka harus menghadapi tambahan masalah dari rekan-rekan yang seharusnya lebih tahu,” tulis seorang pengguna Weibo, media sosial terbesar di China.

“Profesionalisme dalam industri penerbangan? Mereka berperilaku seperti anak sekolah menengah,” tutur yang lainnya.

Beberapa mengkritik bahwa ritual itu membahayakan keselamatan penerbangan.

pramugari-maskapai-kumning-dimasukkan-ke-dalam-kabin-bagasi-pesawat-saat-dipelonco_20151013_135937 mirip-hukuman-ritual-pramugari-dimasukk-e2027a kunming-airlines-stuffed-stewardesses-06 cabincrew-2-net

Agen Poker